Atasi Masalah Seputar Bansos dengan Layanan Pengaduan DTKS Kemensos Ini

- 25 Desember 2020, 18:12 WIB
Ini Bantuan BLT UMKM Untuk DTKS Rp3,5 Juta dari Pemerintah, Cek Link dtks.kemensos.go.id
Ini Bantuan BLT UMKM Untuk DTKS Rp3,5 Juta dari Pemerintah, Cek Link dtks.kemensos.go.id /Yudhi Prasetiyo/Zonapriangan.com

WARTA SAMBAS – Apabila dihadapkan pada berbagai permasalahan seputar Bantuan Sosial (Bansos) yang digelontorkan Kementerian Sosial (Kemensos) RI, masyarakat bisa menghubungi layanan pengaduan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Seperti diketahui, DTKS meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial (PBPS), serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Sebagaimana diberitakan Pikiranrakyat-depok.com dalam artikel berjudul “Layanan Pengaduan DTKS Kemensos, untuk Atasi Kendala BST PKH Rp300 Ribu dan BST non PKH Rp500 Ribu”, DTKS memuat 40 persen penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial terendah.

Baca Juga: Anggaran DTKS Selangit, Ini Tanggapan Mensos Risma

Berdasarkan UU no.13 Tahun 2011 Tentang Penanganan Fakir Miskin penerima program pemberdayaan dan Bantuan Sosial (Bansos) harus terdaftar di DTKS.

Oleh sebab itu, hanya yang terdaftar dalam DTKS yang bisa diusulkan untuk mendapat program bantuan sosial dan pemberdayaan pemerintah pusat maupun daerah.

Warga yang masuk dalam DTKS adalah warga yang sudah tercatat di Kementerian Sosial sebagai warga miskin atau miskin lama yang sudah mendapat bantuan dari pemerintah. Seperti bantuan dalam program Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Baca Juga: Cermati Info Penting Seputar DTKS Ini !!!

Warga yang belum terdata akan masuk ke kategori non-DTKS, yakni warga yang terdampak Covid-19 yang berpotensi menjadi warga miskin baru. KPK telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Data non-DTKS dalam Pemberian Bantuan Sosial ke Masyarakat.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x