Harga Minyak Dunia Naik, Ini Faktor Penyebabnya…

- 13 Januari 2021, 10:10 WIB
ILUSTRASI minyak dunia*/REUTERS
ILUSTRASI minyak dunia*/REUTERS /

WARTA SAMBAS – Harga minyak mentah dunia, baik jenis Brent maupun West Texas Intermediate (WTI) mengalami kenaikan pada sesi perdagangan Rabu, 13 Januari 2021 pagi ini.

Minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Maret naik 92 sen atau 1,7 persen ke level 56,58 dolar AS setara Rp798.318,34 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara itu, minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman bulan yang sama naik 96 sen atau 1,8 persen ke level 53,21 dolar AS setara 750.633,47 per barel pada sesi perdagangan yang sama.

Sebagaimana diberitakan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel berjudul “Terdorong Rencana Arab Saudi, Harga Minyak Dunia Alami Kenaikan”, kenaikan harga minyak dunia ini menyusul rencana Arab Saudi yang membatasi pasokan produksinya.

Pembatasan tersebut, dilakukan Arab Saudi untuk mengantisipasi meningkatnya kasus Coronavirus Disease (Covid-19) dunia yang berdampak pada pembatasan permintaan bahan bakar.

Baca Juga: Ramalan Shio Kerbau di Tahun 2021: Dapat Menstabilkan Anggaran

Arab Saudi berencana memangkas produksi dengan tambahan satu juta barel per hari pada Februari dan Maret untuk menjaga persediaan tetap terkendali.

Pemangkasan produksi yang dilakukan Arab Saudi merupakan bagian dari kesepakatan yang dipimpin Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC).

Namun, sebagian besar anggota komunitas tersebut akan mempertahankan produksinya secara stabil pada Februari.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x