Kalimantan Barat Potensial Bangun Perkebunan Tembakau untuk Pasok Satu-satunya Pabrik Rokok di Bengkayang

- 21 April 2021, 20:24 WIB
Kalimantan Barat Potensial Bangun Perkebunan Tembakau untuk Pasok Satu-satunya Pabrik Rokok di Bengkayang
Kalimantan Barat Potensial Bangun Perkebunan Tembakau untuk Pasok Satu-satunya Pabrik Rokok di Bengkayang /

WARTA SAMBAS – Kondisi cuaca menjadikan Kalimantan Barat sangat potensial untuk membangun dan mengembangkan perkebunan tembakau. Paling tidak untuk memasok kebutuhan bahan baku satu-satunya pabrik rokok di provinsi ini, yakni PT Borneo di Kabupaten Bengkayang.

“Tenaga ahli perusahaan rokok menyampaikan, sebenarnya Kalimantan Barat berpeluang membuka perkebunan tembakau,” ungkap Suparyanto, Kepala Bidang (Kabid) Penindakan dan Penyidikan, Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Barat, seperti dikutip WartaSambasRaya.com dari ANTARA, Rabu 21 April 2021.

Curah hujan di Kalimantan Barat, kata Suparyanto, ternyata masih di atas 60 persen dibanding panasnya. “Iklim seperti ini yang cocok untuk tanaman tembakau,” ujarnya.

Apabila Kalimantan Barat memiliki perkebunan tembakau, menurut Suparyanto, niscaya penerimaan negara dari pabrik rokok PT Borneo di Kabupaten Bengkayang akan meningkat signifikan.

Baca Juga: Waspada, Ini Bahaya Asap Rokok bagi Perokok Pasif

Baca Juga: Bansos Sembako Rp 200 Ribu Dilarang Keras untuk Beli Rokok

Baca Juga: Akibat Buang Puntung Rokok Sembarangan, Pria Ini Terancam 5 Tahun Penjara

Selama ini, pabrik rokok PT Borneo di Bengkayang memasok tembakau dari luar Kalimantan Barat. Pun demikian, penerimaannya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, tentu memasok tembakau dari Jawa atau luar Kalimantan Barat menjadi tidak mudah. Namun demikian PT Borneo di Bengkayang tempat tumbuh dengan baik.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x