Update Harga TBS Sawit Sumatera Utara Periode 23–27 April 2021, Sawit Umur 10 - 20 tahun naik Rp39,55/Kg

- 23 April 2021, 15:34 WIB
Ilustrasi sawit
Ilustrasi sawit /Antara/Aswaddy Hamid/

WARTA SAMBAS -  Peranan kelapa sawit di dunia sangat penting saat ini, dimana minyak nabati yang berasal dari Eropa seperti minyak yang dari bunga matahari mengalami penurunan produksi.

Hal tersebut membuat minyak kelapa sawit yang berasal dari Asia akan sangat dibutuhkan setiap negara di dunia untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan lainnya.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) mengakui peranan kelapa sawit sangat besar di Indonesia, yaitu untuk menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan.

Baca Juga: Harga Terbaru TBS Sawit Periode 7-13 April 2021, Turun Rp120,23 per Kilogram

Namun dikabarkan, jumlah Tandan Buah Segar (TBS) di Malaysia tahun ini sangat merosot dikarenakan kurangnya tenaga kerja yang dihadapi oleh perkebunan kelapa sawit di Malaysia.

Hal tersebut dikarenakan, banyak buah yang tidak dipanen karena perkebunan kelapa sawit di Malaysia sangat bergantung pada pekerja asing, terutama pekerja asal Indonesia.

Kekurangan tenaga kerja perkebunan kelapa sawit di Malaysia akan berkepanjangan karena pandemi Covid-19, banyak karyawan yang pulang ke Indonesia, sementara penduduk setempat menghindari kerja di perkebunan.

Merujuk hasil dari tim penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk periode 23 – 27 April 2021, telah menyepakati harga sawit umur 10 - 20 tahun naik Rp39,55/Kg menjadi Rp2.416,95/Kg.

Baca Juga: 21 Jutaan Data Ganda Dihapus dari DTKS Kemensos, Segera Cek NIK KTP Kamu di Link cekbansos.kemensos.go.id

Halaman:

Editor: Yuniardi

Sumber: InfoSawit.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x