5 Khasiat Kopi Bagi Tubuh, Nomor 4 Jadi Perhatian

- 16 Maret 2021, 13:17 WIB
5 Khasiat Kopi Bagi Tubuh, Nomor 4 Jadi Perhatian
5 Khasiat Kopi Bagi Tubuh, Nomor 4 Jadi Perhatian /Pixabay/acekreations

WARTA SAMBAS – Kopi berasal dari genus tanaman yang dikenal dengan ‘coffea’. Dalam genus ini terdapat 500 marga dan 6.000 spesies pohon tropis.

Namun para ahli memperkirakan terdapat sekitar 25 sampai 100 spesies tanaman kopi. Di antaranya telah menguasai perdagangan dunia, yakni kopi arabika, robusta, leberika, ekselka dan hibrida.

Dari sekian banyak jenis tersebut, kopi arabika dan robusta yang paling dikenal dunia. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Kopi arabika umumnya peka terhadap serangan penyakit karat daun, sehingga menghasilkan keuntungan sekitar 18 persen, kendati berbuah hanya satu kali dalam satu tahun.

Rasanya yang sedikit asam menjadi ciri khas dan kadar kafein yang rendah menjadi ciri khas kopi arabika. Berbeda dengan jenis kopi lainnya.

Baca Juga: Indonesia Penghasil Kopi Terbesar Keempat di Dunia

Sementara Kopi Robusta yang juga tahan terhadap penyakit karat daun, menghasilkan keuntungan sekitar 22 persen. Kendati rasanya tidak asam, kualitasnya lebih rendah daripada Kopi Arabika. Namun lebih baik ketimbang Kopi Liberika.

Dari sekian banyak varian, Indonesia memiliki Kopi Luwak yang merupakan kopi termahal di dunia. Kopi hasil fermentasi pencernaan hewan luwak, sejenis musang ini memiliki cita rasa yang begitu khas.

Selain enak dinikmati, kopi ternyata memiliki banyak khasiat loh untuk tubuh. Para pecinta kopi mesti tahu akan hal ini.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: YouTube zeropromosi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah