Tiga Keadaan Darurat Gejala Penyakit Diabetes yang Wajib Kamu Kenali

- 30 Januari 2023, 01:31 WIB
Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes. /Pexels/Polina Tankilevitch

WARTA SAMBAS – Penyakit diabetes seringkali berakibat fatal. Tetapi kemajuan ilmu pengetahuan dan pengobatan baru-baru ini menunjukkan, kebanyakan penderita diabetes dapat menikmati umur yang normal.

Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyatakan, diabetes atau komplikasi yang terkait dengannya, masih menjadi penyebab utama kematian nomor tujuh di Amerika Serikat (AS), dan bertanggungjawab atas hampir 25 kematian dari setiap 100 Ribu pada 2016 silam.

Perlu diketahui, gula darah rendah (hipoglikemia), gula darah tinggi (hiperglikemia), dan ketoasidosis diabetik (DKA), kerentanan yang lebih besar terhadap infeksi, dan berbagai komplikasi, semuanya meningkatkan risiko. Gejala apapun yang tiba-tiba dan tidak dapat dijelaskan, harus segera pergi ke dokter.

Baca Juga: Wajib Diketahui! Ini Lima Bumbu Dapur yang Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Seperti diketahui, diabetes memiliki dua tipe. Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan menghancurkan sel-sel yang memproduksi insulin . Sementara diabetes tipe 2 mengurangi kemampuan tubuh untuk merespons insulin. Akibatnya, tubuh tidak menghasilkan cukup insulin untuk mengelola glukosa dalam tubuh.

Sebagian besar keadaan darurat diabetes terkait dengan gangguan pada kadar gula darah seseorang, tetapi komplikasi yang berkaitan dengan diabetes juga dapat menyebabkan masalah.

Berikut keadaan darurat paling umum muncul terkait diabetes:

1. Hipoglikemia Berat

Hipoglikemia terjadi ketika kadar gula darah terlalu rendah, biasanya di bawah 70 miligram per desiliter (mg/dl).

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x