Ini Lima Manfaat Dahsyat Buah Duku Bagi Kesehatan

- 25 Mei 2024, 01:54 WIB
Ilustrasi buah duku
Ilustrasi buah duku /

WARTA SAMBAS - Buah duku memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dalam 100 gram buah duku mengandung makronutrien, mineral hingga antioksidan.

Berikut manfaat buah duku atau dikenal dengan nama latin Lansium parasiticum untuk kesehatan:

Baca Juga: Mau Turunkan Berat Badan? Buah-buahan Wajib Dikonsumsi

1. Mencegah Sembelit
Salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi adalah sembelit. Kondisi ini biasanya terjadi akibat asupan serat tidak tercukupi dengan baik.

2. Menambah Energi dan menjaga Sistem Saraf
Buah duku dapat membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf. Hal ini karena buah duku mengandung beragam jenis vitamin B, seperti thiamin, riboflavin, dan niasin.

3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Selain vitamin B, buah duku juga mengandung vitamin C. Manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencerna lemak tubuh.

Jika Anda sedang menjalani diet, buah ini bisa jadi pengganti camilan makanan manis. Apalagi, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

4. Obat Anti Malaria
Selain dagingnya, ternyata biji buah duku juga bermanfaat untuk kesehatan, yakni sebagai obat anti malaria.

Penelitian terhadap biji duku sebagai obat malaria telah dilakukan oleh beberapa ahli dari Thailand dan Inggris yang diterbitkan dalam jurnal Phytochemistry.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah