Jarang Diketahui, Ini Lima Manfaat Tertawa Lepas untuk Kesehatan

- 28 Mei 2024, 16:42 WIB
Ilustrasi tertawa
Ilustrasi tertawa /Pixabay/

WARTA SAMBAS - Tak hanya mengngkapkan kebahagiaan, ternyata tertawa lepas juga untuk mencegah stres dan dapat mencapai hidup yang lebih lama dan tubuh terasa lebih sehat.

Sejumlah penelitian menyebut tertawa lepas akan memicu dan mendinginkan respons stres. Lantas, itu dapat meningkatkan lalu menurunkan detak jantung dan tekanan darah.

Baca Juga: KPK Segera Keluarkan Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh dari Tahanan terkait Putusan Sela

Selain itu, tertawa dapat menstimulasi sirkulasi dan membantu relaksasi otot. Keduanya dapat membantu mengurangi beberapa gejala fisik stres. Ketika seseorang mulai tertawa, itu bisa meringankan beban mental dan merangsang banyak organ.

Berikut manfaat tertawa bagi kesehatan:

1. Cegah Penyakit
Tertawa lepas setiap hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh kalian, yang akan mengurangi jumlah kemungkinan terserang penyakit, khususnya penyakit-penyakit ringan yang mudah tertular.

Tertawa terbahak-bahak juga membawa lebih banyak oksigen ke paru-paru daripada bernapas normal, yang tidak hanya membantu kita memperluas kapasitas paru-paru kita, tetapi juga membawa lebih banyak oksigen ke dalam aliran darah kita.

2. Turunkan Stres
Penelitian menunjukkan bahwa ada penurunan yang cukup besar dalam kadar hormon stres setelah sesi tertawa yang baik. Ini karena ketika kita tertawa, kita melepaskan endorfin.

Endorfin dilepaskan ketika kita bahagia, dan mereka dapat membawa perubahan positif pada pola pikir seseorang yang akan memberikan pengaruh positif pada pikiran dan tubuh.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah