Makanan-makanan Ini Bisa Menjaga Fungsi Otak dan Daya Ingat

- 30 Mei 2024, 06:22 WIB
Ilustrasi daya ingat
Ilustrasi daya ingat /Pixabay/

WARTA SAMBAS - Anggota tubuh akan itu menua dan menurun secara bertahap seiring bertambahnya usia. Proses ini dapat mempengaruhi setiap otak secara berbeda karena setiap individu tidak sama.

Asupan tertentu diyakini bisa membantu mempertajam fokus hingga meningkatkan daya ingat, rentang perhatian, dan fungsi otak. Seseorang dapat meningkatkan peluang untuk menjaga kesehatan otak jika menambahkan makanan dan minuman pilihan ke dalam pola makannya.

Baca Juga: Ternyata Habiskan Waktu Sendirian Bisa Bantu Ringankan Stres

Berikut daftar makanan yang bisa membantu menutrisi otak sehingga mendukung daya ingat dan konsentrasi, di antaranya:

1.Kafein
Untuk meningkatkan IQ atau membuat seseorang lebih pintar, ada zat tertentu seperti kafein yang bisa memberi energi dan membantu seseorang lebih berkonsentrasi.

Kafein memberikan sensasi bangun tidur yang nyaman, meskipun efeknya hanya bersifat jangka pendek. Tetapi konsumsinya harus moderat, sebab mengonsumsi kafein secara berlebihan dapat membuat gelisah dan tidak nyaman.

2. Glukosa
Glukosa, yang diproses tubuh dari gula dan karbohidrat yang dimakan bisa memberi nutrisi pada otak. Itu sebabnya segelas jus buah dapat memberikan peningkatan jangka pendek pada daya ingat, berpikir, dan kemampuan mental.

Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak, ingatan seseorang bisa saja terganggu. Kurangi konsumsi gula tambahan, karena telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan kondisi lainnya.

3. Ikan
Sumber protein yang dikaitkan dengan peningkatan kinerja otak adalah ikan. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang merupakan kunci kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan otak yang luar biasa.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah