KPK Segera Keluarkan Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh dari Tahanan terkait Putusan Sela

- 28 Mei 2024, 15:55 WIB
Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh
Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh /Foto: Antara/

WARTA SAMBAS - Putusan sela majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta yang menerima nota keberatan atau eksepsi yang diajukan mantan hakim agung nonaktif Gazalba Saleh dihormati oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sebagai produk peradilan, tentu kita hargai putusan sela yang sudah dibacakan majelis hakim tersebut," ujar Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Senin 27 Mei 2024.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Setujui Pembatalan Kenaikan UKT Tahun

Kendati begitu, Ali mengatakan KPK masih menunggu salinan putusan atas eksepsi yang diajukan oleh Gazalba ke pengadilan Tipikor. Dia memastikan Gazalba pun akan dikeluarkan dari tahanan sesuai putusan majelis hakim.

"Kami tunggu salinan putusannya dan segera kami pelajari untuk kemudian dianalisis bersama lebih lanjut," ucapnya.

"Secara teknis untuk sementara terdakwa akan dikeluarkan dari tahanan sesuai perintah majelis hakim dimaksud. Perkembangan akan disampaikan," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, eksespi mantan hakim agung nonaktif Gazalba Saleh dikabulkan oleh Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Nota keberatan diajukan atas surat dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) KPK.

Dalam pertimbangannya, majelis hakim berpandangan jaksa tidak berwenang menuntut Gazalba. Alasannya, jaksa menerima pelimpahan kewenangan penuntutan terhadap Gazalba Saleh dari Jaksa Agung.

Ketua majelis hakim, Fahzal Hendri menjelaskan ketentuan menuntut hakim agung merujuk pada Undang-Undang Nomor 11/2021 tentang Kejaksaan.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah