3 Amalan yang Disunnahkan di Malam Jumat, Cekidot...

- 14 Januari 2021, 16:18 WIB
ilustrasi mengaji. /istimewa

WARTA SAMBAS – Jumat merupakan hari yang paling mulia bagi umat Islam. Olehkarenanya, seringkali disebut sebagai Sayyidul Ayyam atau Hari yang Istimewa dibandingkan dengan hari-hari yang lain.

Menurut Kalender Islam, seperti diberitakan GalamediaNews.com dalam artikel berjudul “Ini Dia Tiga Amalan yang Disunnahkan di Malam Jumat”, perhitungan hari dimulai ketika Maghrib tiba. Berbeda dengan Kalender Masehi yang dimulai dari tengah malam.  Kamis petang, sudah masuk hari Jumat.

Masyarakat Indonesia banyak melakukan kegiatan ibadah di Malam Jumat, seperti pengajian, dakwah, istighasah, tadarrus, tahlilan dan sebagainya yang berkaitan dengan memuji kebesaran Allah Swt.

Baca Juga: Emak-Emak Wajib Tahu, Ini Sifat-sifat Istri yang Bikin Rezeki Suami Lancar

Banyak amalan-amalan istimewa pada hari Jumat. Amalan tersebut dapat dikerjakan pada malam Jumat sebelumnya, karena beribadah pada malam hari akan lebih bisa berkonsentrasi dan khusyuk. Berikut di antaranya:

1. Membaca Shalawat Nabi

“Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiaphari Jumat. Barang siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti”. (HR. Baihaqi)

Baca Juga: Gugatan Rizal Ramli Soal Ambang Batas Presiden Ditolak MK

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Galamedia News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X