Aprilia Manganang Terbukti Pria Tulen, Simak Kisah Eks Atlet Timnas Voli Putri Ini

- 9 Maret 2021, 22:15 WIB
Biodata Aprilia Manganang
Biodata Aprilia Manganang /Kolase Instagram Aprilia Manganang

WARTA SAMBAS – Aprilia Manganang, eks Atlet Timnas Voli Putri yang kini menjadi Anggota TNI AD dengan pangkat Sersan Dua (Serda) menjadi perbincangan hangat seantero negeri. Lantaran ia terbukti sebagai pria tulen, bukan wanita, bukan pula transgender.

“Serda Aprilia ini punya kelainan pada sistem reproduksinya sejak lahir. Kelainan ini kita ketahui dengan istilah hipospadia," kata Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf TNI AD (KSAD), seperti dikutip WartaSambasRaya.com dari ANTARA, Selasa 9 Maret 2021.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hiposdapia merupakan cacat lahir pada anak laki-laku, di mana pembukaan uretra (saluran yang membawa urin dari kandung kemih ke luar tubuh) tidak terletak di ujung penis.

Pada anak laki-laki dengan hipospadia, uretra terbentuk secara tidak normal selama pekan ke 8 hingga 14 kehamilan. Kondisinya berbeda-beda pada setiap penderita.

Baca Juga: Amankah Cara Fingering pada Miss V Saat Foreplay? Begini Penjelasan Medis

Pada beberapa kasus, lubang kencing terletak di bawah kepala penis, di batang penis, dan bahkan ada yang di skrotum atau buah zakar.

Anak laki-laki dengan hipospadia terkadang memiliki penis yang melengkung. Akibat letak lubang kencing yang tidak normal, sehingga percikan urinnya pun tidak normal, dan mungkin harus duduk untuk buang air kecil.

Pada beberapa anak laki-laki dengan hipospadia, testis belum sepenuhnya turun ke dalam skrotum. Jika hipospadia tidak ditangani dapat menyebabkan masalah di kemudian hari, seperti kesulitan melakukan hubungan seksual atau kesulitan buang air kecil saat berdiri.

Para peneliti AS memperkirakan ada 1 dari 200 bayi lahir dengan hipospadia, sehingga menjadikannya sebagai salah satu cacat lahir yang paling umum.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Pikiran Rakyat ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x