Ini Sederet Jenis Alergi pada Kulit dan Penyebabnya, Diantaranya Biduran

- 28 Februari 2024, 04:12 WIB
Ilustrasi biduran./freepik
Ilustrasi biduran./freepik /

WARTA SAMBAS - Anda harus tahu jika alergi pada kulit memiliki jenis yang berbeda-beda. Dengan mengetahui perbedaan jenis-jenis alergi kulit, ini dapat memudahkan Anda dalam penanganan dan pengobatan.

Namun, alergi kulit memiliki satu penyebab yang sama yaitu ketika zat bernama alergen dalam tubuh yang membuat sistem imun bereaksi.

Baca Juga: Sederet Asupan Ini Tak Boleh Dikonsumsi dengan Telur, Diantaranya Pisang

Alergi kulit terjadi ketika tubuh menghadapi alergen yang dianggap berbahaya. Sistem kekebalan tubuh akan bereaksi berlebihan, dan melepaskan antibodi untuk melawan alergen.

Berikut beberapa jenis alergi kulit dan penyebabnya, antara lain:

1. Dermatitis kontak

Jika kamu pernah mengalami ruam setelah memakai cincin baru atau menggunakan sabun yang berbeda, kamu mungkin pernah mengalami kondisi ini. Kulit dapat menyentuh alergen, seperti nikel atau bahan kimia dalam sabun, losion, atau tabir surya.

Partikel di udara, seperti serbuk sari, juga bisa memicu dermatitis saat mendarat di kulit. Dokter menyebutnya “dermatitis kontak udara”. Dalam beberapa kasus, seseorang dapat bereaksi setelah berada di bawah sinar matahari.

Kondisi ini bernama dermatitis kontak fotoalergi. Ini bisa terjadi karena beberapa bahan kimia, seperti tabir surya, losion cukur, dan parfum.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah