Bisakah Sekali Berhubungan Intim Bisa Langsung Hamil? Cek Faktanya Disini

- 23 Februari 2021, 12:51 WIB
ilustrasi intimidasi
ilustrasi intimidasi /Andrea Piacquadio/pixabay/Andrea Piacquadio

WARTA SAMBAS - Kehamilan menjadi salah satu momen yang mungkin paling dinantikan oleh setiap pasangan menikah. Namun, ada pasangan menikah yang memilih untuk menunda memiliki anak.

Hanya saja, mereka kerap kali khawatir kehamilan bisa terjadi dalam sekali berhubungan seks. Benarkah demikian?

Menanggapi pertanyaan apakah berhubungan intim sekali bisa hamil tersebut, dr. Devia Irine Putri menjawab, hamil bisa saja terjadi meski Anda baru sekali berhubungan seks.

Baca Juga: Terima Hoax Pesan Berantai WhatsApp soal Obat Covid-19, Ibu dan Anak Minum Urin Selama 4 Hari Berturut-turut

“Tidak perlu (berhubungan seks) berkali-kali untuk bisa hamil. Meski hanya baru sekali berhubungan seks tapi kalau terjadi pembuahan antara sel sperma dan telur, kehamilan bisa terjadi. Apalagi jika dilakukan di masa subur, pasti ini akan meningkatkan risiko hamil,” ujar dia.

Selain itu, dilansir dari Utah Department of Health, kemungkinan hamil juga lebih tinggi ketika seorang wanita melakukan hubungan seks tanpa pengaman, seperti kondom. Jadi, walau hanya sekali berhubungan seks, kemungkinan untuk hamil tetap ada.

“Selama pasangan melakukan hubungan intim di waktu yang tepat, yaitu di masa-masa subur, proses pembuahan antara sel sperma dan sel telur bisa terjadi,” kata dr. Devia.

Baca Juga: CEK FAKTA : Beredar Video TNI dan Tokoh Nasional Sepakat Lengserkan Jokowi, Benarkah?

“Kehamilan hanya akan terjadi, apabila ada sel sperma laki-laki yang berhasil membuahi sel telur. Sperma akan bertahan selama satu minggu di tuba fallopi. Jika proses pembuahan berhasil, kehamilan akan terjadi meski baru sekali berhubungan seks,” dia menegaskan.

Halaman:

Editor: Yuniardi

Sumber: dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah