Gaya Hidup Buruk Ini Pengaruhi Kesehatan dan Picu Kanker, Diantaranya Malas Gerak

- 28 Februari 2024, 04:16 WIB
Ilustrasi malas bergerak
Ilustrasi malas bergerak /Pixabay.com/

WARTA SAMBAS - Bagi mereka yang kerap mengabaikan gaya hidup sehat tentu akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh dan bisa memicu perkembangan sel kanker.

Berikut sederet kebiasaan buk yang wajib dihindari karena bisa membuat tubuh rentan terkena penyakit.

Baca Juga: Ini Sederet Jenis Alergi pada Kulit dan Penyebabnya, Diantaranya Biduran

1. Malas Gerak
Tak pernah menggerakan tubuh atau dikenal dengan Istilah 'Mager' terasa begitu familiar di era seperti sekarang ini. Kebiasaan serba instan dan ingin cepat membuat seseorang enggan untuk menyisihkan waktu untuk menggerakan tubuh.

Ketika keseringan rebahan dan merasa mager untuk berolahraga, maka organ-organ dalam tubuh tidak dilatih. Kebiasaan tak pernah berolahraga juga dapat membuat berat badan tubuh tidak terkontrol hingga akhirnya memicu pertumbuhan penyakit ganas.

2. Paparan Sinar UV
Sinar UV secara berlebihan Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar langsung sinar ultraviolet (UV) dari matahari, sebaiknya Anda waspada. Sebab, paparan sinar UV secara berlebihan dapat memicu kanker kulit.

Apalagi jika Anda tidak pernah menggunakan sunscreen ketika berpergian. Mengoleskan ulang sunscreen juga menjadi hal yang tak boleh terlewati.

3. Konsumsi Makanan Tak Sehat
Banyak penelitian telah menghubungkan adanya peningkatan risiko kanker dengan pola makan tinggi makanan olahan, tinggi lemak jenuh, serta rendah buah dan sayuran.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat kaya akan buah-buahan dan sayuran dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu dengan menyediakan nutrisi penting, antioksidan, dan serat.

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah