Sejak Dilahirkan hingga Wafat, Ini Kisah Nabi Musa yang Dijelaskan dalam Alquran

- 31 Maret 2024, 04:01 WIB
Ilustrasi kisah Nabi Musa
Ilustrasi kisah Nabi Musa /Pinterest.com

WARTA SAMBAS – Seperti yang kita ketahui Nabi Musa AS adalah Nabi dengan Keajaiban yang tidak terduga, Nabi Musa AS merupakan salah satu Rasul Allah SWT yang memiliki banyak keistimewaan. Allah SWT pun telah mengabadikan kisah Nabi Musa AS lengkap dari lahir sampai wafat pada beberapa surah yang berbeda di dalam Al-Qur'an.

Syaikh hamdi bin Hamzah Abu Zaid dalam buku Munculnya Ya’juj dan Ma’juj menjelaskan, Nabi Musa AS lahir sekitar 1436 SM dan wafat sekitar 1316 SM. Kisah hidup Nabi Musa AS dalam Al-Qur'an diceritakan secara panjang dan pendek.

Salah satu surah yang menjelaskan kisah Nabi Musa AS secara panjang adalah surah Al Qashash. Bagaimana kisah Nabi Musa AS lengkap dari lahir sampai wafat yang tercantum di Al-Qur'an? Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Selalu Waspada, Ini Tujuh Penyakit Zoonosis yang Bisa Membawa Kematian

Kelahiran Nabi Musa AS.

Peristiwa kelahiran Nabi Musa AS, dijelaskan dalam Al-Qur'an surah Al Qashash ayat 1-6:

طٰسۤمّۤ تِلْكَ اٰيٰتُ الْكِتٰبِ الْمُبِيْنِ نَتْلُوْا عَلَيْكَ مِنْ نَّبَاِ مُوْسٰى وَفِرْعَوْنَ بِالْحَقِّ لِقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ اِنَّ فِرْعَوْنَ عَلَا فِى الْاَرْضِ وَجَعَلَ اَهْلَهَا شِيَعًا يَّسْتَضْعِفُ طَاۤىِٕفَةً مِّنْهُمْ يُذَبِّحُ اَبْنَاۤءَهُمْ وَيَسْتَحْيٖ نِسَاۤءَهُمْ ۗاِنَّهٗ كَانَ مِنَ الْمُفْسِدِيْنَ وَنُرِيْدُ اَنْ نَّمُنَّ عَلَى الَّذِيْنَ اسْتُضْعِفُوْا فِى الْاَرْضِ وَنَجْعَلَهُمْ اَىِٕمَّةً وَّنَجْعَلَهُمُ الْوٰرِثِيْنَ ۙ وَنُمَكِّنَ لَهُمْ فِى الْاَرْضِ وَنُرِيَ فِرْعَوْنَ وَهَامٰنَ وَجُنُوْدَهُمَا مِنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَحْذَرُوْنَ

Artinya: Tha Sin Mim. Ini ayat-ayat Kitab (Al-Qur'an) yang jelas (dari Allah SWT). Kami membacakan kepadamu sebagian dari kisah Musa dan Fir‘aun dengan sebenarnya untuk orang-orang yang beriman. Sungguh, Fir‘aun telah berbuat sewenang-wenang di bumi dan menjadikan penduduknya berpecah belah, dia menindas segolongan dari mereka Bani Israil, dia menyembelih anak laki-laki mereka dan membiarkan hidup anak perempuan mereka. Sungguh, dia Fir‘aun termasuk orang yang berbuat kerusakan.

Dan Kami hendak memberi karunia kepada orang-orang yang tertindas di bumi Mesir itu, dan hendak menjadikan mereka pemimpin dan menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi bumi, dan Kami teguhkan kedudukan mereka di bumi dan Kami perlihatkan kepada Fir‘aun dan Haman bersama bala tentaranya apa yang selalu mereka takutkan dari mereka.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah