Veda Bawa Indonesia Berjaya di Seri Perdana IATC 2023

- 25 Agustus 2023, 16:48 WIB
 Veda Bawa Indonesia Berjaya di Seri Perdana IATC 2023
 Veda Bawa Indonesia Berjaya di Seri Perdana IATC 2023 /

WARTA SAMBAS - Veda Ega Pratama tampil maksimal pada seri perdana di ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2023 dengan menapaki podium kedua pada race 1 dan podium tertinggi pada race 2. Prestasi anak muda Indonesia yang ditoreh di Sepang International Circuit, Malaysia pada 9 Agustus 2023. Hal ini melengkapi kebanggaan di tengah perayaan kemerdekaan Indonesia ke-78.

Pada sesi kualifikasi untuk menentukan grid balapan seri ini, Veda berhasil menempati posisi pertama dengan meraih waktu tercepat 2:17.485 yang didapatkan pada lap ke-4 dengan rentang waktu 0.504 dari pebalap yang menempati posisi kedua. Rekan setim Veda yakni Reykat Fadilah berhasil menempati posisi ke-4 dan Chessy Meilandri menempati posisi ke 12.

Baca Juga: Catat! Inilah Motor Honda Terlaris di GIIAS 2023

Lintasan yang basah di beberapa bagian menjadi tantangan bagi para pebalap untuk menjalani race pertama pada Sabtu (19/8). Pada race pertama, Veda berhasil memimpin rombongan terdepan bersama dengan tiga pebalap lainnya pada awal balapan. Sejak lap ke-8, Veda silih berganti memimpin balapan dengan satu pebalap lainnya hingga tikungan terakhir dan berhasil membuahkan podium kedua.

Reykat juga berhasil menunjukkan kualitas persaingan balap. Ia sempat memimpin balapan dan akhirnya perjuangan keras race ini ditutup di posisi kelima. Rekan satu tim Veda dan Reykat yakni Chessy Mailandri mampu menyelesaikan balapan pertamanya pada ajang IATC musim ini dengan menempati posisi ke 16.

Race kedua yang berlangsung pada Minggu (20/8) sempat tertunda akibat gerimis di beberapa bagian area sirkuit dan cuaca yang tidak menentu. Hal ini membuat pebalap harus dapat mengatur strategi balapan yang lebih tepat. Di empat lap awal, Veda Ega Pratama berjuang keras mempertahankan posisi tiga besar bersama dengan lima pebalap lainnya. Memasuki lap kelima, ia bersama satu pebalap lainnya berhasil meninggalkan rombongan di belakang.

Pada lap kesembilan, Veda mampu meninggalkan pebalap lainnya dan berakhir finis pada posisi pertama dengan rentang jarak 2:399 detik dari pebalap di belakang.

“Alhamdulillah saya mampu meraih hasil maksimal pada seri perdana IATC 2023. Saya berusaha fokus dan akhirnya bisa mengejar dan perlahan mulai meninggalkan rider lain. Kemenangan ini saya persembahkan sebagai kado ulang tahun untuk Republik Indonesia yang ke-78 dan tentunya kepada seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung perjuangan saya,” ujar Veda.

Baca Juga: Astra Honda Motor Mengukuhkan Pengurus Paguyuban HWBC Periode 2023-2025

Halaman:

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah