Citra Duani Merasa Bersalah Menjabat Bupati Kayong Utara?

- 15 Februari 2021, 20:23 WIB
Citra Duani Merasa Bersalah Menjabat Bupati Kayong Utara?
Citra Duani Merasa Bersalah Menjabat Bupati Kayong Utara? /Julizal/Warta Pontianak

WARTA SAMBAS – Kabar mengejutkan datang dari Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Bupatinya, Citra Duani mengaku bersalah. Untungnya, bukan karena melakukan suatu kesalahan.

"Saya merasa bersalah menjabat bupati jika para nelayan masih kesulitan mendapatkan BBM (Bahan Bakar Minyak) bersubsidi dan saya tidak rela dunia akhirat jika BBM bersubsidi untuk masyarakat disalahgunakan," kata Citra Duani, dikutip WartaSambasRaya.com dari ANTARA, Senin 15 Februari 2021.

Citra menyampaikan hal tersebut ketika bertemu dengan nelayan, terkait rencana penerbitan Kartu Pas Kapal atau Tanda Daftar Khusus Kapal di bawah 7 Gross Ton (GT) sebagai penerima BBM Bersubsidi.

Baca Juga: TKI Berprofesi sebagai Nelayan Tenggelam di Sabah

Penyaluran, BBM bersubsidi, kata Citra, harus tepat sasaran dan dalam pelaksanaanya tidak menyalahi aturan serta nelayan tidak kesulitan mendapatkannya.

Untuk itu, diperlukan surat rekomendasi dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dalam menyalurkan BBM bersubsidi, yang salah satu di dalamnya melampirkan Kartu Pas Kapal.

Selain itu, Citra juga menegaskan agar ada pengendalian serius dari pemerintah daerah untuk mengatasi kelangkaan BBM bersubsidi dan besarnya ongkos angkut untuk wilayah kepulauan, yang berakibat mahalnya harga beli nelayan.

"Saya akan putus matarantai para pemain BBM, yang melakukan penimbunan dan seenaknya menaikan harga ke nelayan," tegas Citra.

Ia berjanji akan segera mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang harga eceran BBM dan bekerjasama dengan Koperasi Polres Kayong Utara dalam penyaluran.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x