Perusahaan Seenaknya Beli TBS Sawit di Bawah Harga Ketetapan Pemerintah, Ini Penyebabnya...

- 23 Agustus 2022, 14:03 WIB
Perusahaan seenaknya saja membeli Tandan Buah Segar (TBS) sawit di bawah harga standar yang ditetapkan pemerintah./Foto Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalbar, Suib
Perusahaan seenaknya saja membeli Tandan Buah Segar (TBS) sawit di bawah harga standar yang ditetapkan pemerintah./Foto Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalbar, Suib /Mordiadi/Warta Sambas Raya

WARTA SAMBAS - Perusahaan seenaknya saja membeli Tandan Buah Segar (TBS) sawit di bawah harga standar ketetapan pemerintah.

Ulah perusahaan yang membeli TBS sawit di bawah harga ketetapan pemerintah itu sudah seringkali dilaporkan para petani sawit mandiri.

DPRD Provinsi Kalbar pun seringkali menerima aduan dari para petani sawit mendiri mengenai ulah perusahaan yang membeli TBS di bawah harga standar tersebut.

"Ini bukan fenomena baru. Sudah lama fakta itu terjadi," kata Suib, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui di ruang kerjanya, Selasa 23 Agustus 2022.

Baca Juga: Kasus Pencurian 4,2 Ton TBS Sawit di Sanggau, PT SISU 2 Bantah Disebut Langgar Adat

Menurut Suib, hingga kini memang banyak perusahaan nakal yang sengaja membeli TBS sawit dengan harga di bawah ketetapan pemerintah.

"Itu banyak, di semua daerah. Walupun Pemerintah Provinsi dan Kabupaten sudah mengimbau agar perusahaan mengikuti aturan," kata Suib. 

Kendati Dinas Perkebunan sudah membuat skema harga TBS berdasar umur. Tetapi perusahaan tetap tidak mengindahkannya. 

Banyak alasan yang dikemukakan perusahaan sehingga mereka membeli TBS sawit di bawah harga ketetapan pemerintah itu. 

Halaman:

Editor: Mordiadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x