Dorong Inovasi Proaktif, BI Luncurkan Sandbox 2.0

- 8 April 2021, 18:05 WIB
Dorong Inovasi Proaktif, BI Luncurkan Sandbox 2.0
Dorong Inovasi Proaktif, BI Luncurkan Sandbox 2.0 /Youtube PerekonomianRI

WARTA SAMBAS – Untuk merespon cepatnya perkembangan ekonomi dan keuangan digital akibat dinamisnya teknologi, Bank Indonesia (BI) meluncurkan Sandbox 2.0 yang mendorong inovasi yang semula pasif menjadi proaktif.

"Semula lebih sempit, menjadi lebih luas. Semula aspek keamanan, tapi kini mengarah pada keseimbangan," jelas Perry Warjiyo, Gubernur BI, dikutip WartaSambaRaya.com dari PMJ News, Kamis 8 April 2021.

Sandbox 2.0 ini, ungkap Perry Warjiyo, menitikberatkan pada 3 konsep, yakni

1. Pengadaan Laboratorium Inovasi (Innovation Lab)

Ini bakal menjadi tempat individu maupun industri melakukan penemuan baru dalam digitalisasi ekonomi keuangan. "Apakah memperluas produk yang ada, penemuan baru atau kolaborasi dalam inovasi ekonomi dan keuangan digital," jelas Perry Warjiyo.

Baca Juga: Ini Peran EKSyar untuk PEN Sehingga Mendapat Dukungan Nyata dari Bank Indonesia

2. Menyediakan Industrian Sandbox

Menurut Perry, melalui wadah ini para pelaku usaha di bidang ekonomi dan keuangan, baik industri maupun asosiasi, berkolaborasi dalam inovasi.

"Termasuk kolaborasi dengan kami sebagai pembuat kebijakan. Berbagai aspek sudah kita lakukan di Industrial Sandbox ini di mana pelaku industri maupun dengan kebijakan yaitu BI dan OJK, kita kolaborasi," jelas Perry Warjiyo.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x