Cerita Singkat, Ini Kisah Asal Usul Air Suci Zamzam yang Patut Diteladani

- 31 Maret 2024, 17:31 WIB
Foto: Sumur Zamzam. /Tangkap Layar YouTube.com/Aiman Mulyana
Foto: Sumur Zamzam. /Tangkap Layar YouTube.com/Aiman Mulyana //Rizqi Arie/

WARTA SAMBAS - Asal usul air Zamzam tidak bisa dilepas dari rangkaian kisah yang dialami oleh keluarga Nabi Ibrahim as. Zamzam sendiri merupakan sumur atau mata air yang terletak di Kawasan Masjidil Haram, di sebelah tenggara Ka’bah dengan kedalaman 42 meter. Air zamzam juga dianggap sebagai air suci bagi umat Muslim.

Mata air suci yang satu ini selalu menjadi incaran semua jamaah ketika berkunjung ke tanah suci. Bukan sumber mata air biasanya. Namun, sumber air ini memiliki kisah yang cukup menakjubkan dari kegelisahan seorang ibu.

Sebagai umat Islam, anda perlu tahu betapa dahsyatnya kuasa Allah SWT yang telah memberikan sumber mata air yang satu ini kepada Siti Hajar dan Ismail pada saat itu.

Baca Juga: Dipopulerkan oleh Soegi Bornean, Ini Lirik Lagu dan Chord Gitar Asmalibrasi

Menurut riwayat bahwa, mata  air zamzam ditemukan oleh Siti Hajar dan anaknya Ismail. Hajar merupakan istri kedua dari Nabi Ibrahim yang dtinggalkan Nabi Ibrahim di padang gurun yang tandus.

Dikutip dari buku Mukjizat Penyembuhan Air Zamzam oleh Badiatul Muchlisin Asti bahwa, Siti Hajar dan anaknya ditinggalkan di tengah gurun pasir oleh Nabi Ibrahim karena Sarah yang merupakan istri pertama Nabi Ibrahim cemburu kepada Siti Hajar.

Saat itu, Sarah meminta kepada Nabi Ibrahim untuk mengungsikan Hajar dan Ismail ke tempat yang jauh. Konon, Siti Hajar dan Ismail meninggalkan rumah dengan hanya berbekal buah kurma dan sekantong air saja.

Ketika bekal makanan dan minuman keduanya telah habis, Siti Hajar kebingungan karena air susunya pun tidak mau keluar. Ismail yang meronta kehausan membuat Siti Hajar sedih.

Bayi Ismail bahkan menghentak-hentakkan tumitnya ke tanah dan menjerit dengan keras. Kemudian ia memutuskan untuk pergi mencari air karena tidak sanggup lagi mendengar tangisan anaknya.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah