Berasal dari Legenda Rakyat Kalbar, Ini Kisah Asal Mula Sungai Landak

- 31 Maret 2024, 17:15 WIB
Cerita Rakyat: Asal Mula Terjadinya Sungai Landak Kalimantan Barat
Cerita Rakyat: Asal Mula Terjadinya Sungai Landak Kalimantan Barat /dongeng.kamikamu.co.id

WARTA SAMBAS – Sungai Landak adalah salah satu sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, Sungai Landak yang juga merupakan anak dari Sungai Kapuas. Sungai ini mengalir dari utara hingga arah barat daya pulau Kalimantan dan sebagian besar melintasi wilayah Kabupaten Landak.

Tahukah anda bahwa Sungai Landak menyimpan sebuah cerita yang menarik, dan lagenda asal mula terbentuknya Sungai Landak. Dimana kisah itu merupakan salah satu cerita rakyat Kalimantan Barat yang cukup terkenal, dongeng ini juga sering kali di ceritakan bahkan hingga di luar daerah Kalimantan Barat.

Selain memiliki cerita yang menarik, legenda terciptanya Sungai Landak juga terselip pesan moral yang baik untuk hidup kita. Berikut kisah lengenda Terciptanya Sungai Landak yang kami kutip dari dongeng cerita rakyat.

Baca Juga: Gak Percaya Diri karena Mata Panda, Ini Lima Cara Alami Menghilangkannya

Berikut ini kisahnya :

Pada dahulu kala hiduplah pasangan suami istri yang berkerja sebagai petani, yang setiap harinya rutin untuk berkerja di landangnya.

Suatu hari yang terasa sangat panas, seperti biasa sang suami  sedang berkerja di ladangnya, ia  sudah berada disana selama berjam-jam,dia sudah sangat lelah dan ingin sekali istirahat.

Tepat sebelum ia menemukan tempat yang bagus untuk beristirahat, dia menemukan sesuatuyang dilihatnya sangat indah dan berkilau.

Dan di hampirinya benda yang berkilau itu dan mengambilnya, benda yang tadi di lihatnya itu adalah patung landak berwarna mas dan matanya terbuat dari berlian, melihat benda yang indah tersebut petani itu pun langsung membawanya pulang, sesampainya dia di rumah di tunjukkannya patung landak mas itu kepada istrinya.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah