Ini Profil 5 Dewan Direksi SWF Indonesia yang Diumumkan Presiden Jokowi

- 16 Februari 2021, 13:27 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Presiden Joko Widodo (Jokowi). /Twitter/@jokowi

WARTA SAMBAS - Dewan Direksi SWF (Sovereign Wealth Fund) milik Indonesia, Indonesia Investment Authoriy (INA) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) telah diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara Jakarta, Selasa 16 Februari 2021.

Nama-nama Dewan Direksi SWF-nya Indonesia yang dijaring panitia seleksi dan dibantu head hunter profesional ini, Jokowi pastikan merupakan putra-putri terbaik bangsa Indonesia yang berpengalaman di kancah profesional internasional.

“Dengan fondasi hukum dan politik yang kuat serta Dewan Pengawas, jajaran Direksi yang hebat dan jejaring internasional yang kuat, saya meyakini Indonesia Investment Authority atau INA akan memperoleh kepercayaan nasional dan internasional dan mampu membuat INA sebagai Sovereign Wealth Fund kelas dunia,” kata Jokowi, dikutip WartaSambasRaya.com dikutip dari Setkab, Selasa 16 Februari 2021.

Baca Juga: Tasbih Berlian dan Blue Sapphire Termasuk 12 Barang Gratifikasi yang Diserahkan Presiden Jokowi ke Kas Negara

Berikut Profil 5 Dewan Direksi SWF milik Indonesia (INA/LPI) tersebut:

1. Ridha Wirakusumah, Ketua Dewan Direksi LPI

“Beliau sangat berpengalaman sebagai eksekutif senior di industri perbankan, jasa keuangan, dan investasi. Terakhir sebagai CEO di Bank Permata,” ujar Jokowi.

Ridha tercatat memiliki pengalaman panjang di berbagai perusahaan multinasional. Di antaranya:

  • Head of Indonesia KKR & Co., salah satu firma investasi paling terkemuka di dunia, dan membantu berbagai evaluasi investasi di Hong Kong, Singapura, dan Indonesia.

  • CEO Bank Maybank Indonesia

  • President and CEO Asia Pacific AIG di Hong Kong

  • President and CEO Asia Pacific GE Capital Consumer Finance and Banking, dll

Berdasarkan data yang dirilis Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden (BPMI Setpres), Ridha Wirakusumah memperoleh gelar doktoral pada jurusan Administrasi Bisnis di City University Hong Kong. Pernah juga menempuh pendidikan di Ohio University dan University California, Berkeley, Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x