Rasanya Gak Kebayang, Ini Resep Tauge Goreng Kuliner Khas Nusantara

- 29 Maret 2024, 02:18 WIB
resep tauge goreng khas Bogor
resep tauge goreng khas Bogor /Instagram @niladriana

WARTA SAMBAS - Tauge goreng adalah hidangan Indonesia yang terbuat dari tauge (kacang kecambah) yang digoreng dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai dan rempah-rempah.

Tauge goreng adalah makanan ringan yang populer di banyak daerah. Tauge goreng dikenal berasal dari daerah Betawi hingga ke Bogor. Namun, seiring waktu, hidangan ini telah menyebar dan menjadi populer di seluruh Indonesia.

Sejarah tauge goreng dapat ditelusuri kembali ke zaman kolonial Belanda di Indonesia. Tauge diperkenalkan oleh para imigran Tionghoa dan Arab yang tinggal di Batavia (nama lama Jakarta) pada abad ke-17. Tauge menjadi populer di kalangan masyarakat Betawi dan diintegrasikan ke dalam berbagai hidangan, termasuk tauge goreng.

Baca Juga: Buat yang Lagi Kasmaran Supaya Tahu Nih! Ini Tanda-tanda Cinta Kamu Bertepuk Sebelah Tangan

Tauge goreng pertama kali diciptakan sebagai makanan yang murah dan mudah diakses oleh masyarakat Betawi. Proses merebus tauge sebelum digoreng membantu mempersiapkan bahan baku yang sederhana, serta menghilangkan rasa tauge yang cukup kuat.

Seiring waktu, tauge goreng menjadi hidangan yang populer di kalangan seluruh masyarakat Indonesia dan bahkan menjadi hidangan yang ditemukan di berbagai warung dan restoran. Variasi dalam resep dan penyajian telah muncul, tetapi inti dari hidangan ini tetap mempertahankan karakteristik tauge yang digoreng dengan bumbu-bumbu khas.

Sejarah tauge goreng mencerminkan akulturasi budaya di Indonesia, juga perpaduan antara pengaruh Tionghoa, Arab dan lokal dalam menciptakan hidangan yang lezat serta beragam.

Baca Juga: Bahaya Ketagihan Makanan Junk Food, Ini Tips Jitu untuk Menghentikannya

Berikut ini adalah langkah-langkah umum untuk membuat tauge goreng.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah