Stop Konsumsi Alkohol dan Makanan Serat Tinggi untuk Cegah Strok

- 30 Maret 2024, 01:00 WIB
Ilustrasi strok
Ilustrasi strok /

WARTA SAMBAS - National Health Service (NHS) di Inggris menjelaskan cara terbaik untuk membantu mencegah stroke adalah mengonsumsi makan yang sehat, berolahraga secara teratur, tidak merokok, dan menjauhi alkohol.

Minuman beralkohol juga tinggi kalori, sehingga memicu penambahan berat badan dan melipatgandakan risiko strok lebih dari tiga kali lipat. The Stroke Association mengingatkan bahwa minum terlalu banyak alkohol secara rutin bisa meningkatkan risiko strok.

"Alkohol berkontribusi pada sejumlah kondisi yang dapat meningkatkan risiko strok," demikian disampaikan The Stroke Association.

Baca Juga: Ada Keju Tali, Ini Sepuluh Cemilan Sehat yang Cocok buat Ibu Hamil

Selain menghindari alkohol, NHS mencatat diet rendah lemak dan tinggi serat bisa membantu mencegah strok. Caranya dengan mengonsumsi banyak buah, sayuran segar dan biji-bijian, lalu menghindari makanan tinggi garam dan makanan olahan.

"Anda harus membatasi jumlah garam, disarankan tidak lebih dari 6 gr sehari karena terlalu banyak garam akan meningkatkan tekanan darah. Takaran 6 gr garam adalah sekitar satu sendok teh," kata NHS.

Olahraga teratur juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan menjaga tekanan darah tetap sehat. NHS juga meminta siapapun yang mencurigai diri sendiri atau orang lain mengalami stroke untuk segera memeriksakannya ke rumah sakit.***

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah