Jangan Kebanyakan Konsumsi Semangka, Ini Dampak Buruknya untuk Kesehatan

- 29 Maret 2024, 23:07 WIB
Manfaat Tersembunyi Buah Semangka: Antioksidan, Hidrasi, dan Nutrisi Tinggi dalam Satu Gigitan
Manfaat Tersembunyi Buah Semangka: Antioksidan, Hidrasi, dan Nutrisi Tinggi dalam Satu Gigitan /Ist

WARTA SAMBAS - Buah satu ini tergolong buah yang mengandung banyak nutrisi. Dengan ciri-ciri buah yakni mempunyai kulit yang keras, warna kulit buah semangka ada dua macam, yaitu hijau mudah dan hijau pekat.

Isi dalam buah ini berwarna merah dan memiliki biji-biji yang kecil yang terdapat dalam isi buah yang satu ini, yang biasa disebut buah semangka. Akan tetapi buah ini ternyata tidak boleh dikonsumsi banyak.

Semangka juga diketahui bebas lemak, rendah kalori, dan sumber vitamin seperti A, B6, dan C.

Meski tergolong bernutrisi, tapi kebanyakan makan semangka bisa menimbulkan efek samping. Mulai dari masalah gastrointestinal, hingga gangguan kardiovaskular dan saraf.

Baca Juga: Enam Zodiak Ini Gampang Bikin Pria Bertekuk Lutut dan Patah Hati

1. Gangguan gastrointestinal

Meskipun likopen dianggap aman dan bermanfaat, 30 mg atau lebih likopen dalam semangka berpotensi menyebabkan efek samping yang merugikan. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan likopen, seperti semangka dan tomat, dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

American Cancer Society melakukan observasi pada pasien yang mengonsumsi suplemen tinggi likopen 15 mg sebanyak dua kali sehari. Hasilnya, pasien melaporkan masalah pada usus dengan gejala mual, muntah, diare, gangguan pencernaan, dan perut kembung.

2. Hiperkalemia

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah