Empat Tahun PRMN, Terus Berusaha Lebih Dekat dengan Pembaca Lokal di Setiap Provinsi

- 1 Desember 2023, 20:54 WIB
Logo ultah ke-4 PRMN. Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) memasuki usia yang keempat dengan mengangkat tema Brigh Future. Lebih dari 200 media dari 34 provinsi yang bergabung dengan ekosistem PRMN.
Logo ultah ke-4 PRMN. Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) memasuki usia yang keempat dengan mengangkat tema Brigh Future. Lebih dari 200 media dari 34 provinsi yang bergabung dengan ekosistem PRMN. /Dok. PRMN/

WARTA SAMBAS – Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) memasuki usianya yang keempat pada 2 Desember 2023 mendatang. Sebagai ekosistem media online berjejaring terbanyak di Indonesia, Pikiran Rakyat Media Network terus berkolaborasi dan membuka kesempatan bagi wartawan-wartawan di daerah untuk mengelola bisnis medianya sendiri di dalam rumah Pikiran-Rakyat.com. Pikiran Rakyat telah bertransformasi dari media lokal di wilayah Jawa Barat menjadi media nasional dengan jaringan kemitraan terluas yang telah tersebar di 34 provinsi di Indonesia. Hingga saat ini telah ada lebih dari 200 jaringan media aktif di dalam ekosistem PRMN.

Warta Sambas Raya adalah salah satu bagian dari ekosistem PRMN yang terletak di Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat. Bergabung sejak Januari 2021, Warta Sambas Raya merupakan portal jaringan PRMN yang dikelola oleh tim inti Warta Pontianak Grup.

Adapun, Warta Sambas Raya bergabung ke dalam ekosistem PRMN karena tertarik dengan konsep bisnis media online modern yang ditawarkan oleh PRMN, dan dengan bergabungnya Warta Sambas Raya ke PRMN tentunya dapat membawa pengaruh yang positif terhadap penyampaian informasi di Kalbar.

Selama dua tahun sebelas bulan bergabung dengan PRMN banyak suka duka yang dialami oleh tim inti. Diantaranya, adalah pengalaman yang dialami Warta Pontianak Grup juga berimbas ke perkembangan Warta Sambas Raya.

Meski demikian, berbagai persoalan tersebut tidak mempengaruhi keinginan tim inti yang ingin terus mengembangkan Warta Sambas Raya sebagai salah satu media online yang diperhitungkan di Kalbar.

Dengan pengalaman tersebut, diharapkan dapat terus memberikan semangat kepada tim inti agar terus berkarya untuk membangun Warta Sambas Raya menjadi media online yang dapat dijadikan refrensi informasi terkini bagi masyarakat Kalbar ke depannya.

Sejarah Pikiran-Rakyat.com sebagai Induk PRMN

Berbicara tentang PRMN, tidak akan terlepas dari Pikiran-Rakyat.com sebagai situs induk dan rumah utama bagi jejaring media yang ada di dalamnya. Cerita ini bermula saat Pikiran Rakyat merespons cepat kehadiran gelombang internet, yang muncul pertama kali pada tahun 1990-an, dengan meluncurkan situs berita online www.pikiran-rakyat.com pada September 1996.

Strategi ini dilakukan, kala perusahaan media lain di Indonesia pada umumnya masih berkutat dengan membesarkan edisi cetak. Pikiran Rakyat menyadari pentingnya perkembangan teknologi internet yang nyatanya terus berkembang hingga hari ini. Pikiran Rakyat tidak melihat perkembangan tersebut sebagai ancaman, tetapi peluang.

Tahun 2016, Pikiran-rakyat.com bergerak lebih jauh. Saat sejumlah media cetak konvensional memilih memisahkan edisi cetak dengan edisi digitalnya, Pikiran-rakyat.com mengintegrasikan keduanya sebagai bagian yang saling melengkapi. Pikiran-rakyat.com hadir dengan menyajikan berita harian secara cepat dan tepercaya.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah