KPU: Proses Pemungutan Suara di Indonesia akan Dipantau oleh Lembaga Luar Negeri

- 4 Februari 2024, 01:03 WIB
Logo KPU
Logo KPU /

WARTA SAMBAS - Lembaga pemantau dari mancanegara dikabarkan akan mengunjungi Indonesia saat pemungutan suara Pemilu 2024.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU, Mochamad Afifuddin mengatakan pihaknya telah mengundang sejumlah pihak di luar negeri. Menurut dia, beberapa pihak yang diundang telah mengonfirmasi kehadirannya.

Baca Juga: Temukan 1.875 Surat Suara Rusak, KPU Sanggau Jelaskan Ini Penyebabnya

"Dari 31 KPU negara, yang sudah konfirmasi 8 negara. Kemudian, dari kedutaan dari 45 (negara) sudah ada 17 yang sudah mengonfirmasi. Kemudian dari kampus-kampus luar negeri, ada satu kampus dari Amerika yang sudah mengonfirmasi," jelas Afif, Jumat 2 Februari 2024.

Tak hanya itu, Afif mengungkapkan setidaknya ada tiga lembaga internasional telah mengonfirmasi kehadiran. Selain itu, kata dia, total ada 6 lembaga yang diundang.

Afif menambahkan, dari 14 organisasi nonprofit internasional di bidang pemilu, tujuh diantaranya akan hadir. Kemudian, Afif menuturkan sejumlah kampus di sekitar Jakarta dan NGO yang telah melalukan MOU dengan KPU pun akan hadir.

Baca Juga: Tragis! Jelang Pemilu 2024 di Pakistan, Calon Independen Ditembak Mati Orang Tak Dikenal

"Kemudian selain itu juga kami mengundang kementerian dan lembaga yang akan kami undang untuk konferensi. Tanggal 13 (Februari) kita akan konferensi pers, kemudian brifieng dan kemudian akan dilanjutkan konferensi pers kembali," terangnya.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah