Wakil Rakyat Minta Pemerintah Permudah Bantuan Untuk UMKM

- 23 Januari 2021, 15:18 WIB
Informasi terbaru seputar BLT UMKM Rp2,4 juta yang akan segera dibuka, perhatikan syarat dan prioritas penerima di artikel ini.
Informasi terbaru seputar BLT UMKM Rp2,4 juta yang akan segera dibuka, perhatikan syarat dan prioritas penerima di artikel ini. /Siti Resa Mutoharoh/Dok. Pribadi/

WARTA SAMBAS RAYA - Pandemi Covid-19 berkepanjangan sontak berdampak pada pelaku UMKM.

Demikian disampaikan oleh Anggota Komisi VI DPR RI, Rafli. Untuk itu, pemerintah perlu memberikan kemudahan bantuan kepada pelaku UMKM agar mereka dapat beradaptasi serta mendukung agar pemulihan ekonomi nasional bisa lebih cepat.

"Berikan kemudahan bantuan kepada pelaku UMKM sebagai bentuk upaya agar pelaku usaha dapat adaptif terhadap keadaan pandemi," kata Rafli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu 23 Januari 2021, dilansir dari Antara.

Menurut dia, dengan mempermudah bantuan dari pemerintah kepada UMKM, maka kalangan masyarakat juga dapat terus untuk produktif dalam menjalankan usaha di tengah pandemi.

Hal yang lebih utama, masih menurut dia, adalah bagaimana masyarakat di berbagai daerah dapat beradaptasi dengan kondisi dengan bantuan kebijakan dari pemerintah.

Baca Juga: Ini Besaran Kuota Penerima BLT UMKM Tahun 2021

"Melalui permasalahan situasi yang ada, kebijakan pemerintah melalui bantuan yang diberikan kepada masyarakat akan berpengaruh kepada kinerja UMKM," tegasnya.

Kementerian Koperasi dan UKM telah menetapkan sejumlah strategi yang akan diterapkan tahun ini untuk membangkitkan sektor koperasi dan UMKM meliputi bidang perkoperasian, usaha mikro, UKM, kewirausahaan, penyaluran dana bergulir, dan penguatan pemasaran produk.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis (21/1), menyatakan pihaknya mendorong pembiayaan usaha mikro melalui fasilitasi penguatan modal, kemudahan izin dan perlindungan di area infrastruktur publik, pengembangan rantai pasokan usaha mikro melalui standarisasi dan skema jaringan pemasaran.

Halaman:

Editor: Suryadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x