Belanja Negara TA 2021 Rp2.750 Triliun, Untuk Daerah Rp795,5 Triliun

- 28 Januari 2021, 13:51 WIB
Sri Mulyani, Menkeu RI
Sri Mulyani, Menkeu RI /

WARTA SAMBAS - Total Anggaran Belanja Negara pada Tahun Anggaran (TA) 2021 mencapai Rp2.750 Triliun. Terdiri atas Belanja Pemerintah Pusat Rp1.954,5 Triliun dan transfer ke daerah mencapai Rp795,5 Triliun.

"Tahun 2021, kami akan mengelola APBN tetap dengan fokus untuk bisa mendukung pemulihan ekonomi dan penanganan Covid," kata Sri Mulyani, Menteri Keuangan (Menkeu) RI, seperti diberitakan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel berjudul "Fokus Dukung Keberlanjutan Proram PEN, Sri Mulyani Targetkan Penerimaan Negara Rp1.743,6 Triliun", Kamis 28 Januari 2021.

Sri Mulyani mengatakan, APBN TA 2021 ini didesain dengan spirit ekspansi untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), terutama untuk penanganan kesehatan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bikin Bansos PKH, BPNT dan BST Dicabut dari KPM

Penanganan kesehatan yang dimaksud termasuk pengadaan vaksin dan vaksinasi, perlindungan sosial, sektoral Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemda, dukungan UMKM dan pembiayaan korporasi, serta insentif usaha.

"Namun juga pada saat yang sama, mulai konsolidasi untuk menyehatkan kembali APBN kita," kata Sri Mulyani.

Pada APBN TA 2021 ini pemerintah menargetkan penerimaan negara Rp1.743,6 Triliun. Menurut Sri Mulyani, target ini cukup optimis, dengan memperhitungkan faktor pandemi Covid-19. 

Baca Juga: NIK KTP Tak Terdaftar, Berikut Cara Dapat Banpres BLT UMKM

Namun, Sri Mulyani mengaku, pihaknya dituntut untuk bekerja sangat keras supaya bisa mencapai target penerimaan perpajakan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x