PT Pos Indonesia Salurkan Bansos Mulai Tanggal 4 Januari hingga April 2021

- 29 Januari 2021, 07:00 WIB
Ini Syarat, Cara dan Dokumen untuk Dapat Bansos Kemensos Pakai Kartu KIS.
Ini Syarat, Cara dan Dokumen untuk Dapat Bansos Kemensos Pakai Kartu KIS. /FIX INDONESIA/

WARTA SAMBAS - Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Sosial Kemensos melalui PT Pos Indonesia. Kini, bantuan ini bisa diperoleh bagi masyarakat pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS). Namun, dengan syarat.

Untuk itu, masyarakat harus mengetahui syarat, cara dan dokumen yang harus dibawa untuk mendapatkan Bansos ini.

Pada 2021 pemerintah kembali menyalurkan Bansos melalui Kemensos. Bansos Kemensos ini disalurkan melalui PT Pos Indonesia dan sudah dimulai sejak 4 Januari hingga April 2021 mendatang.

Baca Juga: RAMALAN Zodiak 29 Januari 2021: Virgo Jadi Lebih Sibuk Bekerja

Adapun persyaratan untuk mendapatkan bantuan ini di antaranya:

1. Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.
2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah Pandemi Covid-19.
3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima Bansos lain dari pemerintah pusat. Ini berarti calon penerima Bansos tunai dari dana desa tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
4. Jika calon penerima tidak mendapatkan Bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.
5. Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap bisa mendapatkan Bansos tanpa harus membuat KTP terlebih dahulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.
6. Jika penerima sudah terdaftar dan valid maka BST Kemensos Rp300 ribu akan diberikan secara tunai dan non-tunai. Non-tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima, sementara tunai bisa langsung menghubungi aparat desa, bank milik negara, atau diambil langsung di kantor pos terdekat.

Selain itu Kemensos juga memperluas kategori penerima yang berhak mendapatkan program bantuan ini.

Salah satunya masyarakat yang memiliki kartu Penerima Bantuan Iuran (PBI) Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sebagaimana diberitakan wartasambasraya.pikiran-rakyat.com dikutip dari fixindonesia.pikiran-rakyat.com, dalam artikel "Ini Syarat, Cara dan Dokumen untuk Dapat Bansos Kemensos Pakai Kartu KIS", Selasa 26 Januari 2021, pemilik KIS bisa langsung melakukan cek di dtks.kemensos.go.id untuk memastikan terdaftar sebagai penerima bantuan. Berikut ini caranya:

Halaman:

Editor: Suryadi

Sumber: fixindonesia.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x