Mengenal Acara Ritual Adat Dayak di Sanggau Yang Digelar Sebelum Berladang

- 21 April 2024, 15:36 WIB
Ilustrasi berladang
Ilustrasi berladang /Pixabay/

WARTA SAMBAS - Warga dusun Keladau desa Lape Kecamatan Kapuas menggelar ritual adat Dayak Kodam Baek Balai, Sabtu 20 April 2024 kemarin. Tradisi yang dilakukan setiap tahun oleh warga Dayak setempat itu dimaksudkan untuk melancarkan rejeki saat berladang.

"Tradisi ini kita laksanakan setiap tahun. Tradisi Baek Balai atau memperbaiki balai ini dimaksudkan agar pada saat berladang nanti diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga hasilnya melimpah, tidak diganggu hama,' kata Tokoh pemuda dusun Keladau Desa Lape, Andrias Sudi Ateng kepada wartawan, Minggu 21 April 2024.

Baca Juga: Jet Pribadi Milik Tersangka Harvey Moeis Masih Ditelusuri Kejagung

Dijelaskan Ateng sapaan akrabnya, tradisi Baek Balai biasanya dilakukan warga kampung sebelum berladang.

"Ritual ini dilakukan oleh tokoh Dayak Kodam yang biasa melakukan ritual, jadi tidak bisa juga sembarang. Harus dilakukan oleh orang yang dekat dengan Tuhan dan memahami adat istiadat kami," terangnya.

Ateng menuturkan, ritual adat tersebut juga dihadiri para ketua RT, Kepala dusun, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Baca Juga: Kejagung Perpanjang Masa Penahanan Harvey Moeis Selama 40 Hari

"Karena ini agenda tahunan ya para tokoh hadir semua untuk menyaksikan sekaligus ikut mendoakan agar nanti hasil ladang berlimpah," pungkasnya.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah