Mulai Hari Ini, KPU Gelar Rapat Pleno Hasil Perhitungan Suara Nasional

- 28 Februari 2024, 12:41 WIB
Logo KPU
Logo KPU /

WARTA SAMBAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari ini, Rabu 28 Februari 2024 menggelar rapat pleno Terbuka Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional Serta Penetapan Hasil Pemilu Serentak Tahun 2024. Rapat pleno tersebut akan dimulai dari pemilihan di luar negeri.

"Sampai hari ini, PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) seluruh dunia, dari 128 PPLN itu yang sudah hadir ada 36 PPLN, sudah siap mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: AHM Kirim 4 instruktur Safety Riding di Ajang Internasional

Rekapitulasi nasional ini akan dimulai dari hasil penghitungan perolehan suara pemilih luar negeri yang memang sudah hampir rampung seluruhnya. Perlu diketahui bahwa dari 128 PPLN, tersisa satu PPLN di Kuala Lumpur yang belum selesai lantaran harus dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

"Rapat pleno dilakukan pada Rabu 28 Februari 2024 dimulai pukul 09.00 WIB. Dimulai dari rekapitulasi hasil pemungutan suara luar negeri," kata Hasyim.

Rapat pleno ini juga akan dihadiri saksi-saksi dari peserta Pemilu Presiden, partai politik, hingga saksi perseorangan anggota DPD. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan sejumlah stakeholder yang berkaitan dengan kepemiluan juga akan hadir.

"Ini rapat pleno terbuka, sehingga siapa pun bisa mengakses, tapi tentunya untuk masuk ruangan ada keterbatasan," jelasnya.

Baca Juga: Honda Stylo 160 Primadona dan EM1 e: Jadi Motor Listrik Terbaik di IIMS 2024,

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 paling lambat dilakukan pada 20 Maret 2024. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah