Kemenhub Diprediksi Pemudik Lebaran 2024 Naik 6 Persen

- 28 Februari 2024, 14:48 WIB
Ilustrasi pemudik lebaran
Ilustrasi pemudik lebaran /Antara/Makna Zaezar/

WARTA SAMBAS - Kementerian Perhubungan menyatakan jumlah pemudik  Lebaran tahun 2024 diprediksi lebih banyak dibandingkan tahun 2023. Karena itu persiapan dilakukan sejak dini.

"Kementerian Perhubungan sedang bersiap melakukan koordinasi lintas sektoral terkait persiapan infrastruktur maupun transportasi saat mudik dalam momen Lebaran 2024," kata Budi Karya, Selasa 27 Februari 2024.

Baca Juga: Potensi Angin Puting Beliung pada Maret hingga April, BMKG Imbau Warga Waspada

Dari hasil survei sementara yang dilakukan Korps Lalu Lintas Polri, jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 200 juta orang. Jumlah tersebut lebih tinggi enam persen dibanding jumlah pemudik Lebaran pada tahun sebelumnya sebanyak 187 juta orang.

Menhub menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat memimpin sidang kabinet paripurna dengan agenda persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, meminta Kemenhub melakukan koordinasi lintas sektoral.

Menurut dia, pihaknya mempersiapkan koordinasi dengan pemda, polisi, BUMN, dan (Kementerian) PUPR agar bisa menjalankan (proses mudik) sama baiknya dengan tahun lalu.

Baca Juga: Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024 di Kuala Lumpur akan Diusut Polri

Untuk itu seluruh kementerian dan lembaga yang terkait untuk terus melakukan  persiapan dan memastikan masyarakat untuk dapat beribadah dengan khusyuk dan mudik dengan sebaik-baiknya.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah