Legenda Rakyat Kalbar, Kisah Keberadaan Naga dan Buaya di Sungai Kapuas

- 1 April 2024, 23:38 WIB
Sungai Kapuas, Kalimantan Barat, Salah Satu Wisata Susur Sungai Terbaik di Indonesia
Sungai Kapuas, Kalimantan Barat, Salah Satu Wisata Susur Sungai Terbaik di Indonesia /indonesia.travel

WARTA SAMBAS – Sungai Kapuas merupakan Sungai yang memiliki panjang keseluruhan 1.143 kilometer, menjadikan sungai terpanjang di Indonesia, dan Di balik itu sungai Kapuas ternyata banyak menyimpan kisah menarik untuk kita simak.

Nama sungai Kapuas sendiri di yakini beberapa masyarakat Kalimantan Barat di ambil dari sebuah nama tempat Kabupaten Kapuas Hulu, Masyarakat Kab.Kapuas Hulu juga menyebutnya sebagai Sungai Kapuas Buhang.

Baca Juga: Bolehkah Meninggalkan Salat karena Pesta Pernikahan dan Sudah Berhias, Ini Penjelasannya

Ada juga yang menyebut Sungai Kapuas sebagai Sungai Batang Lawi, kesultanan Banjar menggunakan nama itu mengacu pada nama sebuah daerah Lawie atau Lawi yang kini di kenal Sebagai Kabupaten Melawi.

Ada sebuah cerita rakyat Kalimantan Barat yang Berkaitan dengan Sungai Kapuas tersebut, di kisahkan pada dahulu kala terdapat sebuah kerajaan yang bernama kerajaan Kahayan Hilir, yang bertepatan di Pulau Mintin.

Kerjaan tersebut di Pimpin oleh seorang Raja yang sangat bijaksana dan sangat di cintai oleh rakyatnya karena kepemimpinan raja tersebut yang sangat adil dan bijaksana.

Raja tersebut memiliki dua orang putra kembar bernama Naga dan Buaya. Kedua putra kembarnya itu di harapkan sang Raja bisa menjadi penerus Tahta dan meneruskan dirinya yang setia melindungi setiap rakyatnya yang ada di Kerajaan Kahayan Hilir Tersebut.

Baca Juga: Perempuan Ahli Surga Pengasuh Rasulullah, Kisah Sosok Ummu Aiman

Namun sang raja menyadari kedua anaknya tersebut memiliki sifat yang bertolak belakang, sehingga membuat sang raja binggung untuk memilih salah satu anak kembarnya tersebut untuk melanjutkan Tahtanya.

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah