Menlu Retno Kecam Rencana Biadab Israel Gunakan Nuklir ke Gaza

- 27 Februari 2024, 17:35 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi /Antaranews/

WARTA SAMBAS - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi mengecam keras terhadap wacana penggunaan senjata nuklir oleh menteri Zionis Israel dalam perang brutalnya di Jalur Gaza, Palestina.

Kecaman itu disampaikan Retno ketika menjadi pembicara High-Level Segment Conference on Disarmament (CD) Sidang Dewan HAM PBB ke-55 di Jenewa, Swiss, pada hari Senin. Indonesia saat ini memegang posisi Presiden dari CD.

Baca Juga: Pemerintah akan Pindahkan 6 Ribu PNS ke IKN Pada Juli 2024

“Saya sampaikan kecaman atas wacana penggunaan senjata nuklir oleh Israel untuk mengancam warga Gaza,” kata Menlu Retno dalam keterangan tertulisnya dirilis Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Selasa 27 Februari 2024.

“Saya juga mendesak dihentikannya pengiriman senjata ke Israel untuk mencegah semakin banyaknya korban jiwa. Terakhir, saya sampaikan penyesalan terkait tidak tercapainya kesepakatan mengenai aplikasi Palestina sebagai observer di Conference on Disarmament,” tegasnya.

Baca Juga: Duta Besar Tiongkok untuk PBB sebut Palestina Berhak Gunakan Kekuatan Senjata Melawan Israel

Wacana penggunaan senjata nuklir oleh Israel dalam perangnya di Gaza telah berkali-kali disampaikan oleh Menteri Warisan Budaya Israel Amihay Eliyahu. Salah satu seruannya, yang memicu kecaman banyak pihak, disampaikan November 2023 lalu.

Editor: Faisal Rizal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah