Ekonomi China Mulai Pulih, Indonesia Ketiban ‘Berkahnya’…  

- 5 Januari 2021, 11:04 WIB
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi Sumatera Selatan. Harga Batu Bara terus alami kenaikan seiring dengan pemulihan ekonomi China
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi Sumatera Selatan. Harga Batu Bara terus alami kenaikan seiring dengan pemulihan ekonomi China /ANTARA/Nova Wahyudi

WARTA SAMBAS – Pandemi global Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sukses meluluhlantakkan berbagai sendi-sendi kehidupan negara di dunia. Masing-masing, termasuk Indonesia, berupaya keras memulihkan keadaan akibat serangan virus corona tersebut, terutama pertumbuhan ekonominya.

Kabar baik pun datang dari negara yang kali pertama dilanda Covid-19, China. Perekonomian di negara tirai bambu tersebut sudah mulai mengalami pemulihan.

"Setelah hampir setahun adanya keterbatasan aktivitas ekonomi, pasar mulai bergerak pulih terutama di China," kata Agung Pribadi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama (KLIK), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Agung menyampaikan hal tersebut melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagaimana diberitakan Pikiran-Rakyat.com dalam artikel berjudul “Ekonomi China Mulai Alami Pemulihan, HBA Alami Kenaikan”, Selasa 5 Januari 2021.

Baca Juga: Park Bom Sukses Turunkan Berat Badannya Hingga 11 Kilogram, Ini Rahasianya…

Mulai pulihnya perekonomian di China tersebut berdampak pada Harga Batubara Acuan (HBA) yang pada awal 2021 ini menunjukkan tren positif.

Menurut Agung, sejatinya China berperan penting dalam memengaruhi HBA, lantaran negeri Xi Jinping itu merupakan pasar utama bagi Indonesia setelah India.

"Apalagi saat ini terjadi ketegangan hubungan perdagangan antara China dengan Australia. Sentimen ini yang makin memperkuat," ungkap Agung.

Baca Juga: 12 Fakta Tentang MYD, Lawan ‘Main’ Gisel dalam Video Syur 19 Detik…Cekidot

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x