Cair ke 1,1 Juta Orang, Begini Cara Cek Daftar Nama Calon Penerima BLT BPJS Ketengakerjaan

- 18 Februari 2021, 08:33 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah /Instagram.com/ @idafauziyahnu


WARTA SAMBAS - Setelah sempat dihentikan, akhirnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan penyaluran BPJS Ketenagakerjaan gelombang II sebanyak 1,1 juta penerima. Cek nama penerimanya hanya di sso.bpjsketenagakerjaan.gi.id sekarang.

Menaker Ida Fauziyah menyebut, alasan terdapatnya perbedaan angka penyaluran gelombang I dan II itu adalah ketika dalam penyaluran gelombang II Kementerian Ketenagakerjaan mendapatkan bantuan dari Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, atas rekomendasi KPK, untuk menyamakan data dengan yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Segini Total Penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan, Cek Segera Daftar Lengkap Perimanya Disini

Namun, terdapat perbedaan definisi gaji atau upah yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan dengan penghasilan yang menjadi dasar data Ditjen Pajak.

Akhirnya, setelah berdiskusi panjang dengan KPK maka diputuskan gelombang II akan disalurkan kembali kepada 1,1 juta orang yang penghasilannya di atas Rp5 juta.

"Ini yang kemudian ada waktu bagi kami setelah ada dipadankan dan ketemu angka 1,1 juta, akhirnya waktunya pendek sementara kita punya keterbatasan waktu sampai 31 Desember," kata Ida.

Karena itu Kemnaker mengembalikan uang ke kas negara sebagai bentuk pertanggungjawaban keuangan, mengingat tahun anggaran 2020 sudah berakhir. Namun Menaker memastikan penerima BSU yang datanya sudah valid dan tidak ada masalah, penyaluran akan diupayakan untuk dilanjutkan kembali.

Baca Juga: Ini Sederet BLT Program Keluarga Harapan yang Dikucurkan Pemerintah di Tahun 2021! Segera Cek Disini

"Jadi mudah-mudahan dalam bulan Januari ini, yang memang sudah menerima pada gelombang I dan betul-betul datanya sudah clear semua, maka akan kita mintakan kembali ke perbendaharaan negara untuk menyalurkan kembali," kata Ida.

Berikut ini cara cek daftar penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

1. Masuk ke laman https://bsu.kemnaker.go.id

2. Login melalui BPJSTK Mobile

3. Login melalui Website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Baca Juga: Cek Rekening, BLT BST Rp1,2 Juta Sudah Cair di Februari! Siapkan Berkas Ini Untuk Pencairan

Selain menggunakan website, mengecek penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan juga bisa dilakukan melalui SMS dan WhatsAPP dengan nomor 08119115910 atau 08551500910.***

Editor: Yuniardi

Sumber: Kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x