Harga Karet di Kabupaten Sambas Turun Rp1.000

- 20 Mei 2021, 17:51 WIB
Harga Karet di Kabupaten Sambas Turun Rp1.000
Harga Karet di Kabupaten Sambas Turun Rp1.000 //smartphone grapher.blogspot/

WARTA SAMBAS – Sejak enam hari lalu, harga karet di tingkat petani di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat mengalami penurunan Rp1.000, dari Rp13.000 menjadi Rp12.000 per Kilogram.

“Kalau karet basah harganya Rp11.000 per kilogram. Sedangkan yang sudah kering Rp.12.000 per Kilogram," ungkap, Tomi, salah seorang pedagang karet di Kabupaten Sambas, seperti dikutip WARTA SAMBAS dari ANTARA, Kamis 20 Mei 2021.

Kendati mengalami penurunan harga, menurut Tomi, hal tersebut tidak menjadi persoalan di kalangan petani, lantaran saat ini memang kondisinya sedang naik-turun.

Selain itu, tambah dia, penurunan harga karet di tingkat petani ini tidak memengarhui penjualan ke pablik, karena mereka masih tetap berlangganan.

"Kalau penjualan ke pabrik sebesar Rp14.000 sudah kering, naik turunnya harga tidak mempengaruhi penjualan kami ke pabrik, karena memang berlangganan," ujar Tomi.

Baca Juga: NTP Kalimantan Barat Tertinggi di Pulau Kalimantan, Kadisbun Heronimus Hero: Karena Harga Karet dan Sawit Naik

Kendati tidak terlalu bermasalah, Tomi berharap harga karet naik kembali supaya para petani karet di Kabupaten Sambas semakin sejahtera.

"Semoga harga karet tetap naik, selain kami bisa membantu mereka dan semoga bisa semakin sejahtera. Sama halnya juga untuk pabrik-pabrik semoga harga tetap stabil," ujar Tomi.

Sebelumnya, berdasarkan catatan Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Kalimantan Barat, harga bahan olah karet (bokar) pada awal Mei 2021 masih stabil dan bertahan di angka Rp22.000 per kilogram untuk tingkat pabrik dengan kadar Kadar Karet Kering (K3) 100 persen.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x