Jangan Terlewatkan, Lengkapi Syarat Ini Agar Dapat BST Kemensos Besok

- 4 Januari 2021, 08:00 WIB
Rencana Bantuan Sosial Tunai atau BST cair pada Januari 2021. Penerimanya hanya bagi yang terdata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos
Rencana Bantuan Sosial Tunai atau BST cair pada Januari 2021. Penerimanya hanya bagi yang terdata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos /Pixabay//



WARTA SAMBAS RAYA - Kemensos kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) disalurkan ke 10 juta penerima sebesar Rp 300 ribu mulai 4 Januari 2020.
Adapun untuk dapat bansos tunai ini, sebagaimana diberitakan wartasambasraya.pikiran-rakyat.com dikutip dari beritadiy.pikiran-rakyat.com, dalam artikel " Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Besok, Penuhi Daftar Syarat Ini Agar Dapat BST Kemensos", Minggu 3 Januari 2021, penerima harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Berikut ini berkas yang harus disiapkan untuk mencairkan BST ini di kantor pos:

1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
3. Dokumen asli KTP dan KK untuk ditunjukkan.

Sebagai informasi, berikut syarat penerima yang dapat bantuan ini adalah sebagai berikut:

1. Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di Desa.
2. Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencarian di tengah pandemi corona.
3. Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) lain dari pemerintah pusat.
4. Jika calon penerima tidak mendapatkan bansos dari program lain, tetapi belum terdaftar oleh RT/RW, maka bisa langsung menginformasikannya ke aparat desa.
5. Jika calon penerima memenuhi syarat, tetapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Penduduk (KTP), tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP lebih dulu. Tapi, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya.

Baca Juga: Ngeri, Selama Pandemi Ada Makhluk Ini di Make-up dan Alat Rias
6. Jika penerima sudah terdaftar dan valid maka BLT akan diberikan melalui tunai dan non tunai. Non tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima dan tunai boleh menghubungi aparat desa, bank milik negara atau diambil langsung di kantor pos terdekat.

"Dengan PT POS mulai disalurkan pada 4 Januari (2021). Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda," kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Risma menyampaikan hal tersebut bersama dengan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy seusai keduanya mengikuti rapat terbatas dengan topik "Persiapan Penyaluran Bantuan Sosial Tahun 2021" yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Halaman:

Editor: Suryadi

Sumber: beritadiy.pikiran-rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x