Menag Yaqut: Tahun Ini Ada Sejumlah Program Bantuan Pendidikan Pesantren

- 31 Januari 2021, 06:00 WIB
Kabar Baik! Kemenag Akan Berikan Beasiswa, BOS, PIP dan Bantuan Sarpras, Simak Penjelasannya.
Kabar Baik! Kemenag Akan Berikan Beasiswa, BOS, PIP dan Bantuan Sarpras, Simak Penjelasannya. /Instagram.com/@gusyaqut//

WARTA SAMBAS - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas berkomitmen memberikan afirmasi terhadap pendidikan pesantren di tahun 2021 dengan beberapa program.

Program tersebut di antaranya beasiswa pendidikan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Program Indonesia Pintar (PIP), serta bantuan sarana maupun prasarana.

Hal ini disampaikan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas yang menegaskan komitmennya untuk memberikan afirmasi terhadap pendidikan pesantren di tahun 2021 dengan beberapa program.

"Sejumlah program afirmasi pesantren sudah kita siapkan di 2021. Kami menyebutnya sebagai program penguatan dan pengembangan pesantren," kata Menag Yaqut.
Aspek akademik, kelembagaan, SDM, bahkan bantuan sarana prasarana termasuk dalam program bantuan yang akan diluncurkan.

Baca Juga: Nekat, Xiaomi Gugat Kemenhan AS ke Pengadilan Distrik Washington

Lebih lanjut, Menag mengatakan, penguatan SDM antara lain akan dilakukan dengan memberikan program afirmasi bagi peningkatan kualifikasi akademik pengajar pesantren, khususnya Ma'had Aly.

"Kami akan memberikan beasiswa pascasarjana bagi para dosen Ma'had Aly," jelas Menag Yaqut.

Pendampingan program sertifikasi bagi ustaz pesantren, utamanya yang mengajar di Ma'had Aly, diniyah formal, dan mu'adalah juga termasuk dalam afirmasi lainnya.

"Kami menargetkan ada 6.000 tenaga pendidik pesantren yang bisa menerima manfaat beasiswa atau sertifikasi ini," tutur Menag Yaqut.

Halaman:

Editor: Suryadi

Sumber: fixindonesia.pikiran-rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x