Buka Jasa Angkut Sampah Rumah Tangga Keliling, Setia Hutanto Hasilkan 5 Juta Rupiah per Bulan

- 12 April 2021, 15:30 WIB
Buka Jasa Angkut Sampah Rumah Tangga Keliling, Setia Hutanto Hasilkan 5 Juta Rupiah per Bulan
Buka Jasa Angkut Sampah Rumah Tangga Keliling, Setia Hutanto Hasilkan 5 Juta Rupiah per Bulan /Turyati/Warta Sambas Raya

WARTA SAMBAS – Setia Hutanto, warga Kelurahan Batu Layang Pontianak Utara yang menjadi kru Pekerja Harian Lepas (PHL) di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Sehari-hari, pria kelahiran Kabupaten Sanggau pada 1995 silam ini bertugas mengangkut sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Sebagai kru pengangkut sampah di instansi pemerintah, gaji yang diperolehnya setiap bulan, tentu tidak sebanding dengan kebutuhan hidupnya dan keluarga yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Demi mendapatkan tambahan penghasilan, lulusan SMK ini pun berinisiatif untuk terjun ke dunia bisnis. Bidang usahanya dipilihanya tidak jauh berbeda dengan pekerjaan utamanya, yakni Jasa Angkut Sampah Rumah Tangga Keliling.

Tidak mudah baginya merintus usahanya tersebut. Banyak suka duka yang tidak banyak keluarga dan oranglain ketahui. “Saya kalau ingat masa-masa baru buka usaha jasa angkut sampah rumah tangga keliling ini, rasanya sedih campur senang,” kata Setia Hutanto, ditemui di sela rutinitasnya pada Minggu 11 April 2021.

Baca Juga: Coldplay Sumbangkan Kapal Neon Moon untuk Bersihkan Sungai di Malaysia dari Sampah Plastik

Senangnya, kata Tanto –sapaan Setia Hutanto–karena usaha jasa yang baru dirintisnya ini mendapat dukungan dari saudara, baik mental, waktu maupun tenaga.

Sedihnya, lanjut dia, saat itu belum mempunyai kendaran sendiri untuk mengangkut sampah. Hanya bermodalkan tekad dan keyakinan bahwa usaha ini akan sukses.

“Jadi harus nyewa Tossa dengan teman dulu, baru bisa ambil sampah warga. Dan waktu itu yang ikut berlangganan bisa dihitung dengan jari, sekitar 16 orang dengan harga satu pintu 20 ribu Rupiah per bulan,” cerita Tanto.

Halaman:

Editor: Mordiadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x