Pasangan Anda Penuh Bujuk Rayu, Hati-hati Jadi Korban Gaslighting, Apa Itu? Berikut Penjelasannya

- 18 Maret 2021, 01:10 WIB
Ilustrasi pacaran.
Ilustrasi pacaran. /Pexels/Rodnae Productions

WARTA SAMBAS - Apakah Anda merasa sering dibujuk atau dirayu pasangan? Hati-hati, jangan-jangan Anda merupakan korban gaslighting! Baca penjelasannya di sini.

Siapa pernah mendengar istilah gaslighting? Ini adalah salah satu perilaku memanipulasi perasaan dan pikiran orang lain. Ini salah satunya bisa muncul dari pasangan sendiri. Tak jarang, pelaku gaslighting akan melancarkan jurus bujuk dan rayu pada pasangannya. Bukan untuk tujuan romantisme semata, tapi demi memanipulasi korban.

Baca Juga: 9 Gejala Gangguan Mental, Ini 6 Cara Mencegahnya

Gaslighting adalah suatu taktik yang dilakukan seseorang untuk memperoleh kekuasaan dengan cara memanipulasi dan membuat korban mempertanyakan kewarasan mereka sendiri. Istilah ini dikenal luas usai film berjudul Gaslight dirilis pada tahun 1944.

Seperti yang diceritakan dalam film, sang suami sang pelaku “gaslight” secara sistematis mencuci otak istrinya sampai mengira dia akan menjadi gila. Sang istri pun berjuang untuk melindungi identitasnya, sementara suaminya dengan kejam mencoba memanipulasinya.

Perilaku ini termasuk ke dalam kekerasan mental yang membuat korban meragukan dirinya sendiri. Hal ini dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk dari pasangan, rekan kerja, hingga bos atau atasan.

Contohnya, Anda sedang berdebat dengan seseorang, mereka akan membuat meragukan ingatan, meremehkan perasaan, atau memutarbalikkan cerita.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 yang Kedaluwarsa 15 Maret dan Mei 2021 Sudah Habis Terpakai

Tujuannya, agar perhatian atau kesalahan tidak ditujukan kepada mereka, tapi kepada Anda. Akibatnya, akan berpikir Anda yang salah dan bereaksi berlebihan.

Halaman:

Editor: Yuniardi

Sumber: dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah