Pengangguran? Buruan Kontak ‘Petugas Pengantar Kerja’ Kemnaker yang Tersebar di Seluruh Indonesia

- 15 Februari 2021, 13:38 WIB
Pengangguran? Buruan Kontak ‘Petugas Pengantar Kerja’ Kemnaker yang Tersebar di Seluruh Indonesia
Pengangguran? Buruan Kontak ‘Petugas Pengantar Kerja’ Kemnaker yang Tersebar di Seluruh Indonesia /Humas Kemnaker/

WARTA SAMBAS – Untuk memperluas kesempatan kerja serta mempercepat penyerapan tenaga kerja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sedang mengoptimalkan kinerja ‘Petugas Pengantar Kerja’ yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini tentunya kabar baik bagi para pengangguran.

"Keterlibatan aktif dari petugas pengantar kerja ini diharapkan berdampak pada pengurangan angka pengangguran dan memperluas kesempatan kerja," kata Suhartono, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan, Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker, dikutip WartaSambasRaya.com dari laman Kemnaker, Senin 15 Februari 2021.

Petugas Pengantar Kerja merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki keterampilan kegiatan antarkerja dan diangkat dalam jabatan fungsional oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk.

Perannya, memfasilitasi para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat kemampuan, dan pemberi kerja untuk memperoleh pekerja yang sesuai dengan kebutuhannya.

Singkatnya, bagi para pengangguran yang ingin mencari kerja atau perusahaan yang ingin mencari kerja, dapat segera menghubungi Petugas Pengantar Kerja yang tersebar di seluruh Indonesia ini.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Ternyata Sudah ‘Dianaktirikan’ Kemnaker?

Menurut Suhartono, keberadaan Petugas Pengantar Kerja sangat penting, karena dapat membantu, memfasilitasi, dan melayani masyarakat dalam mencari pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri, serta menjadi jembatan penghubung bagi perusahaan yang membutuhkan pekerja.

Saat ini, ungkap Suhartono, Petugas Pengantar Kerja tercatat 430 orang. Rinciannya:

  • 82 orang di Kantor Pusat Kemnaker
  • 57 orang di Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)
  • Sisanya tersebar di dinas provinsi, kabupaten dan kota yang membidangi ketenagakerjaan di seluruh di Indonesia.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan Kembali Dicairkan Kepada 3,5 Juta Penerima

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: Kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x