Bansos Sembako Disalurkan Juga di Bulan Maret

- 8 Maret 2021, 07:00 WIB
Bansos Sembako atau Kartu Sembako cair bulan ini, berikut cara cek penerimanya.
Bansos Sembako atau Kartu Sembako cair bulan ini, berikut cara cek penerimanya. //tangkap layar instagram.com/ @kemensosri/


WARTA SAMBAS - Masyarakat Indonesia dapat melakukan cek daftar penerima bansos sembako Rp200 ribu per bulan melalui aplikasi SIKS-Dataku yang dapat diunduh di Google Play Store.

Aplikasi SIKS Dataku merupakan aplikasi yang memberikan informasi-informasi yang ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta penerima Bantuan Sosial Pangan, Program Keluarga Harapan dan Penerima Bantuan Iuran sesuai dengan data terkini.

Akan tetapi aplikasi ini hanya membantu masyarakat untuk mengetahui status penerimaan Bansos Tunai (BST) dan bansos sembako, bukan untuk pengajuan penerimaan bantuan sosial (bansos).

Baca Juga: UAS Baru Tau Mengapa Ada Istilah ‘Buaya Darat’

Besaran bantuan yang akan diterima setiap KPM adalah Rp200.000 per bulan. Bansos sembako ini akan dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Desember. Bansos sembako nantinya akan dicairkan lewat transfer rekening melalui bank penyalur Himbara (BRI, BNI, Mandiri dan BTN).

Bantuan disalurkan dalam bentuk uang elektronik setiap bulannya dan digunakan untuk membeli bahan pangan seperti sumber karbohidrat, sumber protein nabati, sumber protein hewani, dan sumber vitamin dan mineral yang telah ditentukan di Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong).

Diketahui, Pemerintah Jokowi melalui Kementerian Sosial menyalurkan Program Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bansos Sembako akan menerima Rp 200 ribu setiap bulan selama satu tahun.

Bantuan tersebut kembali disalurkan kepada masyarakat yang memenuhi kriteria. Simak cara cek daftar penerimanya melalui artikel ini.
Program bansos sembako ini diberikan kepada keluarga dengan kondisi sosial ekonomi terendah di daerah sesuai pagu yang ditetapkan dan telah masuk dalam Daftar Penerima Manfaat (DPM) Bansos Sembako yang bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Sebagaimana diberitakan beritadiy.pikiran-rakyat.com dalam artikel "Cek Daftar Penerima Bansos Sembako Rp200 Ribu per Bulan melalui Aplikasi Ini", Jumat 26 Februari 2021, tujuan dari bansos sembako ini adalah untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan pangan dan memberikan gizi yang seimbang pada KPM, meningkatkan ketepatan sasaran, waktu, jumlah, harga, kualitas dan administrasi. Terakhir adalah untuk memberikan pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Halaman:

Editor: Suryadi

Sumber: beritadiy.pikiran-rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah