Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Ancam Buldoser Siapapun yang Halangi Penataan NLE di 8 Pelabuhan

- 20 Maret 2021, 13:14 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Ancam Buldoser Siapapun yang Halangi Penataan NLE di 8 Pelabuhan
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan Ancam Buldoser Siapapun yang Halangi Penataan NLE di 8 Pelabuhan /Instagram/@luhut.pandjaitan/

WARTA SAMBAS – Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) mengancam akan membuldoser siapa saja yang menghalangi penataan Ekosistem Logistik Nasional (NLE) 8 pelabuhan di Indonesia.

“Jadi kita mau itu tahun ini jadi. Kami sudah rapat, pokoknya kita bisa. Siapa yang menghalangi kita buldoser itu," kata Luhut, dikutip WartaSambasRaya.com dari Kanal YouTube Kemenko Marves.

Luhut menjelaskan, penerapan NLE ini untuk memudahkan lalu lintas ekspor dan impor, sebab selama ini ekosistem logistik dalam negeri belum bisa efisien. Sehingga kalah bersaing dengan negara tetangga, seperti Singapura.

“Kita semua akan terintegrasi, karena selama ini masalah kita tidak pernah kerja holistik, selalu sendiri- sendiri (segmented). Sekarang dengan sistem ini kita padukan semua, kita juga ingin Bandara tertib, supaya orang datang kemari membuat investasi di sini dan merasakan kemudahan,” ujar Luhut.

Baca Juga: Jokowi Cabut Kebijakan Izin Investasi Industri Minuman Keras, Simak Alasannya...

Baca Juga: Ridha Wirakusumah Janjikan Iklim Investasi yang Nyaman dan Meyakinkan

Ia mengungkapkan, Indonesia terkena anti-dumping dalam ekspor barang ke Tiongkok, karena lebih murah. “Kita kenakan anti-dumping produksi kita yang dari Morowali dan Bedabey. Jadi kita semua harus membuat diri kita semakin kompetitif,” jelas Luhut.

Pengembangan NLE di 8 pelabuhan di Indonesia, kata Luhut, ditargetkan rampung pada tahun ini. "Ini kan ada 8 (pelabuhan) yang besar-besar. Di sini (Batam), Jakarta (Tanjung Priok) nanti iya, juga Patimban, kemudian Tanjung Emas Semarang dan Surabaya, terus Medan, Makasar pokoknya 8," pungkasnya.***

Editor: Mordiadi

Sumber: YouTube Kemenko Marves


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x