Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Meski Sudah Minum Obat

- 10 Februari 2021, 14:13 WIB
Ilustrasi seorang wanita sedang sakit kepala.
Ilustrasi seorang wanita sedang sakit kepala. /Pexels/

WARTA SAMBAS - Menurut dr. Fiona Amelia MPH. untuk mengusir sakit kepala yang tak kunjung sembuh, tentu Anda harus mengatasi akar penyebabnya terlebih dahulu. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan sakit kepala dan mengurangi frekuensinya.

- Kurangi penggunaan obat sakit kepala. Sebaiknya, hindari meminum obat lebih dari 15 hari setiap bulannya.

Baca Juga: Ini Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur, Berikut Cara Mencegahnya!

- Lakukan terapi pijat atau akupresur untuk mengurangi tegangan pada otot-otot kepala, leher dan pundak yang bisa memicu sakit kepala.

Cari tahu, catat dan hindari pemicu sakit kepala. Catat pula detail setiap serangan sakit kepala, seperti kapan dimulai, apa yang sedang dilakukan saat itu, dan berapa lama berlangsungnya.

- Cukup tidur. Orang dewasa rata-rata butuh tidur 7-8 jam sehari. Selain itu, usahakan pola tidur yang relatif teratur, yakni dengan tidur dan bangun di jam yang kurang lebih sama setiap harinya.

- Jangan melewatkan waktu makan. Konsumsilah makanan sehat di waktu yang kurang lebih sama setiap harinya. Hindari pula makanan atau minuman yang mengandung kafein. Bila berat badan berlebih, upayakan untuk diet.

Baca Juga: Lakukan 8 Cara Ini agar Merasa Segar Saat Bangun Pagi, Patut Dicoba!

- Rutin berolahraga. Aktivitas fisik yang bersifat aerobik dan rutin dapat memperbaiki kondisi fisik dan menyegarkan jiwa. Pilih olahraga yang Anda sukai dan mampu lakukan, contohnya berjalan, berenang, dan bersepeda.

Halaman:

Editor: Yuniardi

Sumber: dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah