Mengerikan Sekali, Ini Bahayanya Jika Kamu Sering Menggigit Kuku

- 30 Januari 2023, 02:20 WIB
Ilustrasi menggigit kuku dapat memberitahu tentang kepribadian Anda.
Ilustrasi menggigit kuku dapat memberitahu tentang kepribadian Anda. /Pexels/Kat Jayne

WARTA SAMBAS – Sebagian orang menggigit kukunya hanya karena bosan. Kebiasaan ini memang menawarkan stimulasi sensorik menyenangkan. Tetapi ada pula yang melakukannya demi kepuasan.

Patut dipahami, kebiasaan menggigit kuku ini dikenali sebagai perilaku yang berulang dan fokus pada salah satu bagian tubuh, bahasa kerennya body-focused repetitive behaviors.

Biasanya bukan hanya kuku, tetapi juga merusak rambut. Hal ini muncul sebagai akibat emosi, stres, cemas, marah atau dalam kondisi tidak sadar saat menghadapi situasi tertentu.

Baca Juga: Ini Empat Gejala Awal Kanker Darah yang Wajib Diketahui, Salah Satunya Kulit Pucat

Menggigit atau mengunyah kuku akan memberikan rasa lega. Sehingga cukup banyak yang melakukannya tanpa disadari.

Tetapi tahukah Anda, bahwa kebiasaan menggigit kuku bukan hanya jorok, tetapi juga lebih berbahaya dari itu. Di bagian dalam kuku, terdapat bakteri yang tidak kasat mata. Sehingga akan dengan mudah masuk ke tubuh apabila menggigitnya.

Bukannya jorok dan membahayakan kesehatan, kebiasaan menggigit kuku ini seperti lingkatan setan, seorang akan ketagihan karenanya.

Jika dibiarkan, selain memalukan juga menyebabkan pembengkakan, pendarahan, dan nyeri. Dari waktu ke waktu dan efek jangka panjang jauh lebih menakutkan seperti luka jaringan parut, perubahan warna kulit yang permanen, dan infeksi jamur kronis.

Baca Juga: Menangkal Efek Merokok, Ini Empat Khasiat Minum Teh untuk Kesehatan Tubuh

Halaman:

Editor: Y. Dody Luber Anton


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah