Anies Baswedan Anjurkan Umat Islam Salat Idulfitri di Rumah Masing-masing

- 11 Mei 2021, 20:39 WIB
Anies Baswedan Anjurkan Umat Islam Salat Idulfitri di Rumah Masing-masing
Anies Baswedan Anjurkan Umat Islam Salat Idulfitri di Rumah Masing-masing /Facebook.com/Anies Baswedan

WARTA SAMBAS – Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta bersama seluruh pimpinan daerah di kawasan aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sepakat untuk menganjurkan umat Islam untuk Salat Idulfitri 1442 Hijriyah di rumah masing-masing.

"Bagi warga yang melaksanakan Salat di luar rumah, maka dianjurkan untuk melaksanakannya di tempat Salat Id setempat," kata Anies Baswedan, seperti dikutip WartaSambasRaya.com dari PMJ News, Selasa 11 Mei 2021.

Anies Baswedan meminta agar masyarakat tidak pergi jauh hanya untuk melaksanakan Salat Idulfitri. Hal tersebut demi mencegah potensi penyebaran Covid-19 lintas wilayah, sehingga dianjurkan dilaksanakan di lokasi yang sama.

"Baik itu di lapangan ataupun dilakukan di Masjid. Dan bila dilakukan di masjid maka kapasitasnya 50 persen," kata Anies Baswedan.

Baca Juga: Sidang Isbat: Permintah Tetapkan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriyah Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Selain itu, lanjut Anies Baswedan, setiap orang yang melaksanakan aktivitas pada masa pendemi Covid-19 hendaknya selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Sebelumnya, Anies Baswedan juga mengharamkan masyarakat untuk ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jabodetabek sejak satu hari sebelum (H-1) Lebaran 2021, Selasa 12 Mei sampai Minggu 16 Mei 2021 mendatang.

“Seluruh pemakaman di Jabodetabek akan ditutup dari pengunjung untuk ziarah, tetapi kegiatan untuk pemakaman sendiri berjalan di tempat-tempat pemakaman itu. Nanti diatur oleh dinas yang mengelola pemakaman," kata Anies Baswedan.

Dia mengungkapkan, ziarah kubur di masa pandemi Covid-19 seperti juga pernah ditiadakan pada tahun lalu. Hanya pemakamanan yang diperbolehkan.

Halaman:

Editor: Mordiadi

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah