Begini Cara Mengatasi Anak Menangis dan Merengek di Tempat Umum

- 13 Februari 2021, 20:39 WIB
Ilustrasi anak menangis.
Ilustrasi anak menangis. /Pixabay

WARTA SAMBAS - Apakah anak Anda sering menangis dan merengek di tempat umum? Jangan khawatir. Lakukan ini untuk mengatasinya.

Faktanya, merengek alias temper tantrum merupakan hal yang sangat wajar dan sering dialami oleh anak, khususnya pada usia 1–4 tahun. Ini karena di rentang usia tersebut anak sedang berusaha untuk menunjukkan kemandiriannya, namun tanpa dibarengi dengan kestabilan emosi di dalam diri. Alhasil, anak akan mudah menjadi rewel, merengek, menangis, atau sulit dikendalikan.

Baca Juga: Anak Suka Berbohong, Kenali Ciri-cirinya dan Ikuti Cara Ampuh Ini untuk Mengatasinya

Mengatasi anak merengek

Jika tangisan dan rengekan si Kecil terjadi di tempat umum, Anda tak perlu langsung panik apalagi hingga meluapkan emosi di dalam diri. Akan lebih baik bila Anda melakukan tindakan sebagai berikut sebagai upaya menenangkan si Kecil yang menangis dan merengek

Tetap tenang

Tahan diri Anda untuk panik atau marah. Tarik napas dalam-dalam, dan tenangkan diri Anda. Upayakan untuk menciptakan pemikiran bahwa kondisi yang dialami si Kecil sangat wajar dan banyak dialami oleh anak-anak lain seusianya.

Ingatlah bahwa menjadi marah dalam menghadapi anak tantrum tidak akan menyelesaikan masalah. Hal tersebut justru membuat rengekan anak semakin menjadi-jadi hingga akhirnya Anda yang kerepotan sendiri.

Bawa anak ke tempat yang sepi

Halaman:

Editor: Yuniardi

Sumber: dokter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah